KABAR BIREUEN-Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebutkan dirinya telah diterima menjadi warga kehormatan di Bireuen karena telah dipeusijuek.

Hal itu diungkapkan AHY kepada wartawan sebelum dirinya melanjutkan perjalanan ke Samalanga, Sabtu (24/4/2021) siang.

“Saya sudah resmi diterima sebagai warga kehormatan di Bireuen karena telah dipeusijuek. Terima kasih juga atas doanya,” ujar AHY.

Acara tepung tawar (peusijuek) itu dilakukan oleh Tgk H Muhammad Ishak atau Abon Cot Tarom, pimpinan Dayah Darussa’adah Cot Tarom, Kecamatan Jeumpa.

Di hadapan awak media, AHY menyampaikan Pendopo Bupati Bireuen merupakan tempat yang bersejarah di Indonesia karena pada tahun 1948 presiden Soekarno pernah mengendalikan Pemerintahan Indonesia di Bireuen.

“Bung Karno pernah mengendalikan Pemerintahan Indonesia disini selama 12 hari. Insya Allah malam ini saya bermalam di kamar Bung Karno,” jelasnya.

Agenda hari ini, sebut AHY, akan berziarah ke makam Tun Sri Lanang di Samalanga.

Selanjutnya, menyambung tali silaturahim dengan alim ulama dan berbuka puasa bersama di Dayah Mudi Mesra.

Kemudian malamnya melakukan konsolidasi dengan kader Partai Demokrat.

Dikatakannya, Safari Ramadhan tahun 2021 yang pertama dikunjungi yaitu Provinsi Aceh khususnya Bireuen, untuk silaturahim dengan warga masyarakat dan para ulama.

“Aceh sudah menjadi rumah bagi Partai Demokrat,” sebut. AHY.

Aceh sangat spesial bagi Partai Demokrat dan bagi keluarga besar Yudhoyono karena gubernur dan sejumlah bupati berasal dari Partai Demokrat.

Diungkapkan AHY, ibunya Ani Ydhoyono sebelum meninggal daerah yang terakhir dikunjungi ada Aceh.

“Almarhum ibu Ani juga memiliki kedekatan dan juga kenangan tersendiri dengan Aceh,” katanya.

Sebelumnya AHY yang tiba Meuligoe Bireuen sekira pukul 12.45 WIB disambut rebana dan lantunan shalawat yang  oleh Majelis Zikir Assuruur Wal Inaas.

Kedatangan AHY ke Kota Juang didampingi  Sekjen DPP Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah serta anggota DPR RI Muslim, dari Partai Demokrat.

Sejumlah pejabat Pemkab Bireuen juga tampak menyambut kedatangan putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Mereka tampak berdiri berbaris memakai baju koko dan kain sarung. (Ihkwati)