KABAR BIREUEN-Sebagai upaya untuk memberikan bekal dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi bagi mahasiswa baru, universitas almuslim melaksanakan Masa Orientasi Kampus (Moska) secara daring selama dua hari, Senin dan Selasa, 31 Agustus- 1 September 2020.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Umuslim Dr Ir.Saiful Hurri, MSi menyampaikan, moska tahun ini berbeda dengan sebelumnya, karena berhubung kondisi daerah masih pandemi Covid-19, maka dilakukan secara daring.

Dasar pelaksanaannya mengacu arahan dari Dirjen Dikti Kemendikbud, tentang pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) bahwa pelaksanaan pengenalan kampus harus dilakukan secara daring,

Moska dibuka langsung Plt Rektor Umuslim Dr.H.Hambali, SE.,MPd. menyampaikan bahwa kegiatan moska ini menjadi wahana sosialisasi kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dan bagian dari pengenalan kampus bagi mahasiswa baru tentang perkuliahan daring masa pandemi covid-19.

Menurut Kabag Humas dan Kemahasiswaa Umuslim, Zulkifli,M.Kom, Masa Orientasi Kampus (Moska) umuslim menjelaskan bahwa pelaksanaan moska berlangsung secara daring dengan live streaming Zoom, youtube, facebook dan Radio Suara Almuslim FM.

“Mahasiswa mengikuti di sejumlah tempat, Alhamdulillah pelaksanaannya berjalan sukses, cama-cami mengikuti dengan antusias, hal ini terlihat dari keaktipan peserta mengajukan pertanyaan secara online,” jelas Zulkifli, yang juga menjabat kabag humas dan kemahasiswaan umuslim.

Dikatakan Zulkifli, pada moska ini ada dua mahasiswa asing yang ikut secara daring yaitu Ando Kazuma (20) mahasiswa NGU Jepang pernah kuliah di Umuslim selama satu semester sekarang sudah berada di negaranya Jepang.

Sedangkan satu lagi Megan (20) warga Negara Amerika mahasiswa University of Alaska Fairbanks pernah kuliah di Jepang bergabung satu kelas dengan mahasiswa Umuslim yang dikirim ke Jepang semester lalu.

Materi moska menyangkut sejarah Almuslim, memperkenalkan sistem belajar di perguruan tinggi, sistem akademik, 4 pilar kebangsaan, mekanisme pelayanan mahasiswa, ormawa, dan aktivitas kemahasiswaan lainnya.(Ihkwati)

BAGIKAN