KABAR BIREUEN-Dalam rangka melatih serta meningkatkan kompetensi para guru Taman Kanak-Kanak (TK) dalam menyusun dan mengimplementasikan pelaksanaan Kurikulum 2013.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen melalui Bidang Pembinaan Ketenagaan (PKG) Disdikbud Bireuen menggelar Pelatihan Kurikulum K 13 bagi para guru TK dalam wilayah Kabupaten Bireuen tahun 2021.

Acara tersebut dibuka oleh Kadisdikbud Bireuen, Muhammad Al Muttaqim, S.Pd.,M.Pd, diwakili Kabid PKG Disdikbud Bireuen, Surya,S.Pd.,M.Pd, di Aula Utara SKB Disdikbud setempat. Kamis (23/9/2021).

Dalam sambutan, Surya mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu sarana untuk bersilaturahmi antar guru TK dan berbagai informasi dalam penyelenggaraan pendidikan PAUD.

Juga tujuan diadakannya kegiatan ini, adalah untuk melatih serta meningkatkan kompetensi para guru TK dalam menyusun dan mengimplementasikan pelaksanaan Kurikulum 2013.

Dijelaskan, Kurikulum 2013 ini, menjadi landasan kebijakan pelaksanaan seluruh program pendidikan di jenjang satuan pendidikan.

Terutama landasan guru dalam merancang melaksanakan pembelajaraan, dasarnya adalah kurikulum, yaitu kurikulum 2013.

“Kepada semua yang hadir disini diharapkan dengan pelatihan ini, dapat memahami dengan baik dan benar secara lengkap komplit menyangkut tahapan sistematik dari kurikulum 2013 dan mencoba untuk menjabarkan ketika berada diruang kelas,” jelas Kepala Bidang Ketenagaan Disdikbud Bireuen ini.

Sebelumnya Kasi PTK PAUD Disdikbud Bireuen, Zakia Zakaria, melaporkan, Pelatihan Kurikulum 2013 ini, berlangsung selama tiga hari (23-25/9/2021), di Aula Utara SKB Disdikbud setempat, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan bertemakan, Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 Kita Wujudkan Guru Yang Kreatif Dan Inovatif, diikuti 80 peserta, terdiri para guru Taman Kanak-Kanak dalam Kabupaten Bireuen.

Pelatihan Kurikulum K13 ini,menghadiirkan dua orang narasumber berasal dari BP. Paud dan Dikmas Provinsi Aceh, yaitu Dra. Marlina dan Novita Fanny, M.Pd.

Materi yang akan disajikan selama pelatihan diantaranya, Perencanaan Pembelajaran. Penyusun KTSP. Penanaman Sikap dan Budi Pekerti.

Kemudian, Pengelola Kelas. SOP Pembelajaran PAUD. Pengembangan Tema dan materi Evaluasi Pembelajaran PAUD.

“Dana pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari Dana OTSUS Kabupaten Bireuen. melalui Dipa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen Tahun Anggaran 2021,” sebut Kasi PTK PAUD Disdikbud Bireuen ini. (Herman Suesilo).