KABAR BIREUEN-Drs Tgk Razali A. Wahab imam masjid Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen menepung tawari (peusijuek) Pembangunan Mushala Miftahul Jannah SMPN 1 Bireuen.

Selain di peusijuek, sebagai langkah awal pembangunan mushala baru itu mulai dikerjakan, dilakukan pengecoran pondasi bangunan.

Prosesi kegiatan itu, berlangsung di komplek SMPN 1 Bireuen, (18/9/2021) dihadiri tokoh agama, para alumni SMPN 1 Bireuen, komite sekolah, kepala sekolah, dewan guru dan sejumlah pelajar SMPN 1 Bireuen.

Pada kesempatan itu Penanggung jawab Pembangunan Mushala Miftahul Jannah, Halim Thomas, yang juga Ketua Alumni 91 SMPN 1 Bireuen, dalam sambutan yang diwakili Andi Yusbiran, mengatakan, Mushalla Miftahul Jannah ini dibangun bertujuan untuk menunjang pendidikan agama, akhlak dan moral.

Selain itu, untuk melahirkan bibit-bibit insan berakhlak mulia yang akan menjadi pemimpin yang jujur, amanah dan istiqamah serta melahirkan hafizh Quran.

“Semua ini dalam rangka mewujudkan Bireuen sebagai kota santri,” katanya.

Mushalla Miftahul Jannah ini bukan hanya milik SMPN 1 Bireuen, tetapi menjadi milik semua umat islam yang ingin beribadah di mushala ini.

Mushalla Miftahul Jannah ini didirikan oleh para alumni SMPN 1 beserta swadaya masyarakat Bireuen.

Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya dan ini akan menjadi catatan sejarah di dunia pendidikan dan keagamaan.

“Dengan adanya pembangunan mushalla ini diharapkan menjadi sarana pemersatu seluruh alumni SMPN 1 di manapun berada. Dan mengingatkan kembali akan tanggung jawab kita sebagai alumni untuk ikut berperan serta memberikan yang terbaik untuk sekolah ini. Karena tidak bisa dipungkiri hari ini kita ada karena jasa para dewan guru kita,” jelasnya.

 

Pembangunan Mushala Miftahul Jannah ini, juga kita ajukan sebagai reuni akbar para alumni, namun reuni kali ini bukan dalam bentuk pertemuan, tapi saling bahu membahu menyelesaikan pembangunan mushala ini.

“Semoga pembangunan mushalla Miftahul Jannah berjalan dengan baik berkat dukungan semua pihak semoga semua apa yang kita lakukan ini menjadi ladang pahala jariyah bagi kita semua,” sebutnya.

Tak lupa, dia mengucapkan terimakasih kepada semua donatur yang telah membantu dari awal sampai saat ini, panitia yang sudah bekerja keras dan semua pihak yang mendukung pembangunan mushala Miftahul Jannah ini.

Sebelumnya Kepala SMPN 1 Bireuen, Ibrahim Harun S. Pd., M. Sm, mengatakan, Dengan adanya mushala ini, nantinya dapat dipergunakan sebagai sarana tempat ibadah.

Selain itu, juga dapat dipergunakan sebagai sarana pengembangan karakter pelajar dan kegiatan-kegiatan syiar Islam lainnya.

Atas nama keluarga besar SMPN 1 Bireuen, Ibrahim mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas lahirnya satu gagasan dari para alumni SMPN 1 Bireuen untuk mendirikan sebuah mushala tempat ibadah di sekolah ini.

Dengan bersusah payah para alumni berkolaborasi untuk mengwujudkan sebuah mushala yang diberi nama Mushala Miftahul Jannah SMPN 1 Bireuen.

“Gagasan mulia tersebut, kami tidak sanggup membalasnya, semua kita berdoa kepada Allah, agar Allah senantiasa membalas kebaikan para alumni yang telah mewujudkan gagasan tersebut,” pungkasnya.

Turut menyampaikan sambutan, Komite Sekolah, Muhammad Thaleb dan Alumni 98 SMPN 1 Bireuen, Muhammad Azhar Yahya. (Herman Suesilo)