KABAR BIREUEN – Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dr Ir Dyah Erti Idawati, MT membuka kegiatan Try Out Online untuk peserta didik jenjang SMA Sederajat. Kegiatan tersebut diikuti 36.807 peserta.

Try Out online Akbar yang dilaksanakan secara serentak pada Sabtu, (13/2/2021) ini, merupakan kerja sama Pemerintah Aceh dengan Lembaga Teknos Aceh. Hal tersebut sebagai ajang untuk mengukur kemampuan siswa dalam persiapan memasuki perguruan tinggi dan sekolah kedinasan dan TNI/Polri.

Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati yang sekaligus penggagas Try Out online ini ikut menyemangati peserta dari seluruh Aceh di sela-sela membuka kegiatan tersebut yang digelar di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Aceh Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Dalam kesempatan itu, ia mengapresiasi usaha peserta didik menguji dan melatih diri demi mengenyam pendidikan tinggi impian.

“Semangat anak-anak melanjutkan pendidikan sangat besar. Ini merupakan harapan besar bagi Aceh menjadi lebih baik melalui dunia pendidikan,” kata istri Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT tersebut.

Dyah berharap, berbagai usaha yang dilakukan siswa untuk meraih pendidikan tinggi favorit mereka, dapat terwujud. Ia mengatakan, semangat dan ikhtiar akan membuahkan hasil yang terbaik.

“Dengan koordinasi dan kolaborasi bersama stakeholder, kami akan terus membantu anak-anak meraih impian dan perubahan bagi masa depan mereka ke depan,” ujar Dyah.

Menurutnya, hasil terbaik dari uji kompetensi tersebut bukanlah peringkat dan nilai saja. Lebih dari itu, hasil terbaiknya adalah usaha yang dilakukan siswa untuk melawan rasa malas dan memiliki tekad kuat meraih impian.

“Hasil try out hari ini dapat menjadi strategi bagi anak-anak dalam memilih jurusan dan kampus nantinya. Dan juga menjadi menjadi pengukur kemampuan diri, sehingga kita dapat terus meningkatkan minat belajar. Semangat dan semoga sukses,” kata Dyah.

Try out online yang digelar Dinas Pendidikan Aceh dan Bimbingan Belajar Teknos Aceh itu, diikuti oleh siswa SMA sederajat di seluruh Aceh. Total peserta berjumlah 36.807 orang, dengan rincian 28.352 peserta UTBK, 3.857 Kedinasan dan 4.598 Polri. Para peserta menjawab soal ujian melalui perangkat desktop, laptop dan smartphone masing-masing.

Direktur Utama Teknos Aceh, Murhadi, dalam laporannya menyebutkan, jumlah peserta UTBK 28,352 kedinasan 3857 Polri 4598 dengan total 36.808 peserta pengawas dan koordinator sebanyak 2000 lebih. Kendalanya, sistem yang belum memadai untuk pendaftaran lebih dari 10 ribu peserta dalam sehari.

“Try Out komplit seperti ini yang diikuti serentak sepanjang sejarah Lembaga pendidikan di Aceh, baik negeri atau swasta baru pertama kali diadakan. Hal ini mencetak sejarah baru. Untuk kedepan agar menjadi pertimbangan bersama untuk bisa dilaksanakan secara rutin dan berkala, demi masa depan anak bangsa dan terciptanya program visi Aceh Hebat,” sebut Murhadi.

Sebagai informasi, kegiatan Try Out Online yang dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, M.T, di Kantor Cabang Dina Pendidikan Aceh Kota Banda Aceh dan Aceh Besar tersebut, diikuti 200 peserta dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes) yang ekstra ketat.

Selain itu, pelaksanaan Try Out Online ini diikuti oleh peserta didik di masing-masing Satuan Pendidikan SMA sederajat di seluruh Aceh.

Hadir pada kegiatan tersebut anatara lain, Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK, Drs. Amiruddin mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Banda Aceh-Aceh Besar serta Kasi Layanan dan Publikasi UPTD Balai Tekkomdik Aceh, Nanda Rizki, S.STP. (REL)