KABAR BIREUEN-Dalam rangka Hari Guru Nasional, PT Takabeya Perkasa Grup menggandeng Rangkang Sastra sebagai Event Organizer dan Rangkasa Film sebagai Rumah Produksi film biografi Mukhlis Takabeya.

H. Mukhlis A.Md menginisiasi kegiatan Gebyar Literasi yang berpusat di Gedung Bekraf MA Jangka Umuslim, Sabtu, 14 November 2020.

Dalam rilisnya, Panitia pelaksana yaitu Rangkang Sastra bersama Guru Juang dan Rangkasa Film menyatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan literasi untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Agenda kegiatan ini terdiri dari lomba cipta dan baca puisi untuk Guru SD, SMP dan SMA serta lomba video pendek yang temanya terinspirasi dari buku biografi “Mukhlis Takabeya, Petarung dari Selatan’.

Pada malam puncak, selain pengumuman juara lomba, panitia juga menyiapkan beberapa agenda lain seperti Penandatanganan Kerjasama antara DKA dengan sekolah-sekolah SD dan SMP untuk pembinaan seni teater dan sastra.

Selain itu juga ada penyerahan buku biografi secara simbolis kepada beberapa instansi pemerintah, kampus dan sekolah, dilaksanakan juga penyerahan piagam penghargaan kepada tokoh pendidikan yang telah berjasa memajukan sektor pendidikan di Kabupaten Bireuen.

Dialog interaktif juga tidak lupa ditampilkan mengulik sepak terjang Mukhlis Takebaya yang dipandu sastrawan Nasional, Fikar W.Eda.

Di akhir sesi panitia menyuguhkan nonton bareng film perjalanan kehidupan Mukhlis takabeya yang diangkat dari buku biografi karya Muhajir Juli yang disutradarai oleh Noviati MR.

Kegiatan Gebyar Literasi ini diharapkan mampu menjadi motivasi lebih untuk guru dan juga pemuda-pemudi Bireuen untuk berkembang seperti perjuangan yang ditunjukkan oleh Mukhlis Takabeya.

Pada kesempatan tersebut,  Sekda Bireuen, Ir. Zulkifli, SP yang mewakili Bupati Bireuen menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat di acara ini, khususnya kepada Mukhlis Takabeya yang menjadi inisiator acara.

“Memberikan penghargaan kepada tokoh pendidikan sama halnya dengan mengucapkan terima kasih atas dedikasi untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Bireuen,” sebut Sekda.(REL)

BAGIKAN