KABAR BIREUEN- Camat Jeunieb, Yusri SHi atas nama Bupati Bireuen melantik dan mengambil sumpah Tuha Peut Gampong Meunasah Blang, Kemukiman Darussalam, Kecamatan Jeunieb, Kabupaten Bireuen, masa jabatan 2020-2026.

Pengambilan sumpah jabatan Tuha Peut tersebut berlangsung di halaman kantor Keuchik setempat, Jumat (11/9/2020).

Pelantikan anggota Tuha Peut Gampong Meunsah Blang turut dihadiri oleh Kapolsek Jeunieb Koramil, Imum Mukim,Pendamping Desa, Tim PID, dan seluruh anggota Tuha Peut yang dilantik.

Ketua Tuha Peuet Gampong Meunasa Blang, Tgk Fakri Rusli dalam sambutannya usai dilantik mengharapkan masyarakat gampong setempat agar terus dapat membina hubungan baik.

Selain itu segala keputusan yang diambil diharapkan harus melalui musyawarah, segala keputusan yang diambil atas kesepakatan bersama.

“Berbagai peraturan undang-undang reusam maupun qanun gampong yang diberlakukan semua atas kesepakatan bersama,” ujar Tgk Fakri Rusli

Sementara itu Camat Jeunieb Yusri SH.i dalam sambutanya mengatakan, sesuai UU masa kerja Tuha Peut yaitu selama 6 tahun terhitung sejak pelantikan atau pengukuhan sumpah jabatan.

Sesuai dengan tugasnya, tuha peut diharapkan adanya fungsi kontrol karena itu pula anggota tuha peut diminta agar membangun komunikasi yang baik dengan perangkat gampong.

“Harapan saya mari sama-sama kita menjaga gampong kita dari masalah hukum, baik narkoba dan yang berbau korupsi dana desa. Jika itu terjadi maka sasaran yang pertama kita panggil adalah kepala desa. Jadi kita berharap semoga desa kita aman,” pesannya.

Dikatakannya, Tuha peut gampong Meunasah Blang ini semua unsur ada, mulai dari tokoh pendidikan, agama, pertanian dan lainnya.

Hal itu harus menjadi contoh bagi gampong lainnya sehingga ketika ada suatu masalah dapat diselesaikan sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

“Selain itu kepada Geuchik dan Tuha Peut, diharapkan setiap ada masalah di tingkat desa agar di selesaikan secara bijak dan arif melalui musyawarah mufakat. untuk menghindari terjadi perbedaan pendapat, tuha Peut harus mampu memahami tugas dan wewenangnya dengan baik,” pungkas Camat Jeunieb.

Sementara itu, Keuchiek Gampong Meunasah Blang, Fahkrurrazi berharap tuha peut mampu menjadi sebagai mitra kerja terbaik dalam rangka membangun gampong kearah yang lebih maju.

Menurut Fahkrurrazi di Gampong Meunasah Blang saat ini banyak program yang telah dan tengah dilaksanakan diantaranya adalah pemberdayaan masyarakat dan pembangunan dan lain-lain

“Dengan banyaknya aset desa tersebut kita harapkan Gampong Meunasah Blang dapat terus berkembang kearah yang lebih baik,” sebutnya. (Irwan Jeunieb/Jurnalis Warga)

BAGIKAN