KABAR BIREUEN-Camat Kota Juang Kabupaten Bireuen, Drs Jalaluddin, M.Si, Minggu, (4/4/2021) malam, di Dayah Terpadu Jami’ah Az Zanzabil, Gampong Buket Teukueh, membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 35, Tingkat Kecamatan Kota Juang, Tahun 2021.

Dalam arahannya Jalaluddin, mengatakan, pelaksanaan MTQ ini
selain membangun silaturahmi antara masyarakat dan peserta, juga sebagai ajang seleksi mencari qari-qariah terbaik yang akan menjadi utusan Kecamatan Kota Juang ketingkat Kabupaten.

“Dimana peserta yang terbaik dari masing-masing cabang akan menjadi duta Kecamatan Kota Juang di ajang yang sama tingkat Kabupaten Bireuen,” ujarnya.

Camat Jalaluddin berharap agar para peserta yang dikirim mewakili masing-masing kemukiman dalam wilayah Kota Juang, bisa mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur’an ini, tampil maksimal.

Selain itu, kepada panitia dan seluruh Dewan Hakim MTQ supaya bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Harus jujur, profesional, netral, bertanggung jawab, dan independen, tidak ada unsur kepentingan pribadi atau golongan,” harapnya.

Disebutkan,MTQ ini kita gelar masih dalam dituasi Pandemi Covid-19, untuk itu, kami berharap, tetap menjaga dan mengikuti protap protokol kesehatan,

“Apresiasi dan ucapan terimakasih kepada panitia pelaksana, para Dewan Hakim, Imum Mukim, para keuchik  beseta perangkat gampong dan unsur elemen gampong serta masyarakat, atas peran sertanya telah mendukung kegiatan ini,” ucap Camat Kota Juang.

Sebelumnya, Ketua Umum Panitia Pelaksana, Adnan Adam melaporkan, MTQ ke 35 tingkat Kecamatan Kota Juang ini, dijadwalkan berlangsung selama 5 hari, (5-9/4/2021).

“Seluruh rangkaian pelaksanaan kegiatan MTQ ini, dipusatkan di Dayah Terpadu JAMI’AH AZ ZANJABIL, Gampong Buket Teukueh,” jelas Adnan Adam yang juga Keuchik Gampong Bandar Bireuen.

Adnan Adam merincikan, peserta yang ikut dalam event ini, berjumlah 127 orang, terdiri 59 peserta putra dan 58 putri.

Mereka adalah utusan dari empat kemukiman dalam Kecamatan Kota Juang yang membawahi 23 gampong.

Berikut data cabang yang dilombakan pada MTQ ke 35 tingkat Kecamatan Kota Juang, diperoleh dari panitia, yaitu cabang Hafidz Qur’an 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz. Tafsir Bahasa Inggris. Fahmil Qur’an, dan Sharhil Qur’an.

Selanjutnya, cabang Khatil Qur’an dan Musabaqah Makalah Ilmiah Al-Qur’an. Qira’at Al-Qur’an Murattal remaja dan dewasa, Qira’at Al-Qur’an Mujawwad dewasa.

Kemudian, Cabang Tartil tingkat kanak-kanak putra – putri, Tilawah Qur’an kanak-kanak putra – putri, Tilawah Qur’an remaja putra – putri, dan Tilawah Qur’an dewasa putra – putri.(Herman Suesilo).