KABAR BIREUEN-Bidang Pembinaan SD Disdikpora Bireuen , melaksanakan Sosialisasi dan Bedah Juknis BOS yaitu Permendikbud No. 8 tahun 2020, Dapodik Versi 2020b, Ujian UAS/US TP 2019/2020 dan Permendikbud No.19 tahun 2019 yang mengatur tentang Pemenuhan Bebab kerja Guru dan Penyaluran Aneka Tunjangan Guru di bawah Kementian Pendidikan.

Kegiatan sosialisasi itu dilaksanakan satu hari penuh, berlangsung di Aula SKB Disdikpora, Selasa, 25 Februari 2020, diikuti 234 Kepala SD Negeri dan Swasta di Kabupaten Bireuen.

Kadisdikpora Bireuen, DrsĀ  M. Nasir M.Pd mengharapakan semua kepala sekolah dengan Tim BOS sekolahnya untuk dapat mempelajari dan memahami aturan-aturan yang mengatur tentang pengelolaan BOS,.

Baik peraturan Menteri Pendidikan maupun aturan dari Kemendagri sebagai pedoman pengelolaan anggaran.

Di samping itu, Kadisdikpora juga menekankan pentingnya memperhatikan kualitas data Dapodik semua sekolah, agar data yang disajikan benar-benar menggambarkan kondisi riil sekolah.

“Mengingat banyak pihak yang berkepentingan dengan Dapodik untuk pemenuhan data perencanaan program masing-masing,” sebutnya.

Di akhir arahan, M.Nasir menekannkan peran dan tanggung jawab utama Dapodik ada di bapak /ibuĀ  kepala sekolah, jadi dia berharap semua bekerja dengan baik sesuai uraian tugas di sekolah.

Materi lain yang dibahas pada pertemuan tersebut adalah tahapan pelaksanaan ujian UAS/US SD Tahun 2020.

Kedepan mulai tahun 2021, pelaksanan ujian dan asasment siswa di kembalikan sepenuhnya ke guru dan sekolah, karena Asasment adalah bagian pokok dari tugas guru.

Kabid Pembinaan SD Disdikpora Bireuen, Surya Harun M.Pd menyatakan pelimpahan kewengan ini adalah bagian ‘Merdeka Belajar’ yang diharapkan tercapai oleh Menteri Nadiem Makarim.

“Karenanya harapan kami, sekolah dan guru harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang,” katanya.

Pada penutup sesi, Kabid Pembinan SD kembali mengingatkan sekolah untuk terus membangun Komunikasi, kerjasama untuk meningkatkan standar dan kualitas layanan pendidikan di Kabupaten Bireuen dengan melaksanakan tugas secara baik dan penuh dedikasi.(Ihkwati)