KABAR BIREUEN – Ditreskrimsus Polda Aceh melaksanakan vaksinasi massal secara gratis di Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen, Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Rabu (6/10/2021).

Pada kesempatan itu, sebanyak 405 orang dari 512 yang mendaftarkan dirinya, berhasil divaksin. Sedangkan sisanya harus ditunda, karena berbagai alasan.

Acara itu turut dihadiri Ditreskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol Sony Sonjaya, SIK, Ketua Pembina Yayasan Kebangsaan, Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si, Kadis Kesehatan Bireuen, dr. Irwan dan beberapa pejabat lainnya.

Amatan Kabar Bireuen, kegiatan vaksinasi di UNIKI Bireuen berjalan lancar. Warga dan mahasiswa terlihat tertib menunggu giliran divaksin.

Kepada mereka yang sudah divaksin, diberikan selembar kupon untuk ditukar dengan beras yang sudah disediakan dalam bak mobil yang diparkir di halaman UNIKI Bireuen. Beras sebanyak 500 paket tersebut berasal dari Bank Aceh Peduli. Pada acara tersebut, juga diberikan santunan untuk beberapa anak yatim.

Ditreskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol Sony Sonjaya, SIK, mengatakan, dengan digelarnya vaksinasi massal gratis di UNIKI Bireuen, maka banyak masyarakat yang dapat divaksinasi.

“Semakin banyak masyarakat telah divaksinisasi, maka kita dapat mencapai herd immunity dalam upaya meningkatkan imunitas tubuh dan pencegahan Covid-19,” kata Sony.

Dia mengharapkan, vaksinasi itu sebagai ikhtiar bersama untuk menjaga kesehatan, sehingga dapat beribadah dengan nyaman, mencari rezeki dengan aman dan lancar.

Dalam kesempatan itu, Ditreskrimsus Polda Aceh itu turut menyampaikan satu topik terkait beredar kabar hoax di media sosial. Dia berharap, masyarakat dapat menjadi agen untuk menangkal hoax tersebut.

“Vaksin sudah dinyatakan MUI halal dan aman. Saya sudah tiga kali divaksin, tidak ada apa-apa selesai divaksin. Mari kita niatkan vaksinasi ini, agar kita sehat dan juga dapat beribadah,” ajaknya.

Menurut Ditreskrimsus Polda Aceh, karena target vaksinasi sebanyak 1000 orang, maka pihaknya juga menyediakan beras sebanyak 1000 zak untuk masyarakat penerima vaksin.

Disebutkan Kombes Sony, vaksinasi di Bireuen ini salah satu kegiatan dilaksanakan Polda Aceh yang bersinergi dengan Pemda.

“Vaksinasi hari ini bukan saja di Bireuen, tapi juga di seluruh Polres jajaran Polda Aceh,” terangnya.

Sementara Ketua Pembina Yayasan Kebangsaan, Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si, mengucapkan terima kasih kepada Polda Aceh yang telah memilih UNIKI Bireuen untuk lokasi vaksinasi Covid-19.

“Ini kegiatan untuk kedua kali setelah pada bulan lalu yang dilaksanakan Dinkes Bireuen,” sebut Amiruddin Idris.

Amiruddin Idris yang juga anggota DPR Aceh ini menjelaskan kepada seluruh civitas akademika UNIKI Bireuen bahwa vaksinasi ini penting sebagai ikhtiar untuk meningkatkan daya tahan tubuh. (Rizanur)