KABAR BIREUEN-Puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul hisbah (Satpol PP) Bireuen melakukan penertiban terhadap  pedagang yang berjualan di kasawan Tugu Bireuen.

Tampak personel Satpol PP Bireuen menyisir serta mengangkat lapak pedagang dilokasi tersebut karena sudah mengganggu akses lalu lintas dan merusak tatanan keindahan kota.

Pasca hari lebaran Idul Adha 1441 H, kawasan tugu sebagai pusat Kota Juang Bireuen memang dipenuhi para pedagang, tak hanya itu, pemandangan yang sama juga terlihat di jalan protokol depan pendopo Bupati yang dipenuhi jajakan pedagang musiman (penjual buah buahan).

Akibat banyaknya pedagang yang berjualan di kawasan itu menyebabkan  kondisi kian semraut, sehingg akhirnya dilakukan penertiban.

Kasatpol PP dan WH Bireuen Chairullah Abed SE kepada wartawan, Selasa (2/8/2020) menyebutkan, penertiban tersebut dilakukan karena kondisi di sekitar kawasan tersebut sudah semakin semraut,  merusak keindahan  kota dan menggangu arus lalu lintas.

“Penertiban ini dilakukan sesuai komitmen kita bersama para pedagang, kita hanya memberikan waktu sampai hari keempat lebaran saja. Selanjutnya pedagang tersebut tidak boleh lagi berjualan di jalan protokol,” sebut Chaidir Abed.

Tak hanya itu, penertiban juga dilakukan terhadap para pedagang musiman seperti penjual buah buahan di jalan protokol.

“Kita sudah memberikan toleransi untuk berdagang karena bertepatan dengan hari besar islam yaitu Hari Raya Idul Adha 1441 H, mulai dari 31 Juli sampai Senin 3 Agustus 2020. Setelah itu apabila masih berjualan akan kita tertibkan.Dan harin ini, Selasa, 4 Agustus ternyata masih ada pedagang yang masih berjualan, karena itu kita lakukan penertiban,” tegasnya.(Ihkwati)