KABAR BIREUEN – Komunitas Gerakan Penulis Bireuen yang diketuai Rizki Dasilva menginisiasi workshop cara mengelola blog, acara ini berlangsung selama dua hari, Sabtu (5/9) dan Minggu (6/9/2020) di Resto and Cafe 212, jalan Bireuen-Takengon.

Kegiatan ini disponsori oleh Bank Aceh Syariah Cabang Bireuen, dikuti 35 peserta, hari pertama 15 peserta dan hari kedua diikuti 20 peserta.

Acara yang mengambil tema Pemberdayaan Ekonomi Digital ditengah Pandemi covid-19 melalui workshop blog dibuka oleh Bupati Bireuen yang diwakili oleh asisten II, Ir Ibrahim Ahmad.

Dalam sambutannya ia mengatakan, penerapan social dan phisycal saat pandemi Covid-19 membatasi manusia melakukan aktivitas bersama bahkan untuk bekerja. Sehingga membuat ekonomi masyarakat mengalami penurunan.

“Transformasi digital bisa jadi adalah jawaban efektif untuk mengentaskan masyarakat dari krisis ekonomi yang terjadi saat ini,” katanya.

Pandemi mengharuskan masyarakat berada di rumah dan melakukan jarak fisik dan sosial. Keperluan rumah tangga dan logistik dan keperluan lainnya menjadi terbengkalai dan sulit dicapai.

“Namun dengan digital masyarakat bisa mengatur kebutuhan tersebut,” sebutnya.

Sementara pimpinan Bank Aceh Syariah cabang Bireuen M. Hendra Supardi dalam sambutannya mengharapkan adanya perubahan mindset, bahwa berbisnis tidak harus punya tempat, barang.

Era digital seperti sekarang pemanfaatan alat alat komunikasi, seperti ponsel dan laptob bisa menjadi alat yang produktif menghasilkan uang.

“Ternyata dengan laptob dan ponsel juga bisa menghasilkan uang, salah satu caranya dengan mengelola blog, yang pada akhirnya bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat Bireuen secara khusus dan Aceh secara umum,” katanya. (Najib Zakaria)

BAGIKAN