KABAR BIREUEN-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset , dan Tehnologi, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Balai Bahasa Provinsi Aceh, gelar pelatihan “Bengkel Sastra” di Bireuen.

Kegiatan ini diikuti puluhan siswa perwakilan dari sekolah tingkat SMP sederajat di Kabupaten Bireuen, berlangsung selama dua hari, 28-29 Juni 2021 di Aula SKB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen.

Disela-sela kegiatan, Kepala Balai Bahasa Aceh, Karyono, S.Pd.,M.Hum, melalui panitia pelaksana, Subahan kepada Kabar Bireuen, mengatakan, kegiatan ini di gelar bertujuan untuk membina minat sastra, khususnya untuk penulis puisi.

“Ada lima puluh siswa perwakilan dari sekolah tingkat SMP sederajat di Kabupaten Bireuen yang ikut kegiatan ini,” ujarnya.

Setelah mengikuti kegiatan ini, harap Subahan, mereka mampu menulis puisi, mengembangkan ide-ide puisi dan menulis puisi untuk jangka panjang.

“Selain itu, mereka juga diarahkan untuk menjadi sastrawan atau pembinaan sastra, jadi kami membentuk dan mengawali mereka dengan pelatihan-pelatihan dan bimbingan-bimbingan sehingga mereka mampu menulis puisi-puisi, sebagaimana yang diharapkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Drs M. Nasir, M. Pd, melalui Bidang Pembinaan SMP, Zamzami S. Pd, mengharapkan, semoga semua siswa yang ikut kegiatan ini, bisa menyerap ilmu dari para pakar yang hadir dan kemudian menyebarkan kepada teman-teman yang lainnya di sekolah masing-masing.

“Apresiasi kepada Balai Bahasa Provinsi Aceh yang telah melakukan kegiatan bengkel sastra ini, di Kabupaten Bireuen,” ujar Zamzami. (Herman Suesilo)