KABAR BIREUEN-Ketua Pengurus Cabang (PC) Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Bireuen, Masa Bhakti 2021-2026, Azhari S.Pd., M.Pd, resmi dilantik.

Pelantikan ketua dan pengurus tersebut dilaksanakan di aula Makodim 0111/Bireuen, Rabu (10/11/2021), oleh Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga Aceh, Drs Ismarissiska. MM.

Pelantikan ditandai dengan penyerahan bendera pataka PPM oleh Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga Aceh, Ismarissiska, kepada Ketua Pengurus Cabang Pemuda Panca Marga Kabupaten Bireuen, Azhari.

Pada kesempatan itu, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga Aceh, Ismarissiska. mengatakan, PPM ini menjadi sebuah organisasi masyarakat, dengan kehadiran PPM di Bireuen kiranya dapat memberikan masukan dan solusi yang positif bagi Pemkab Bireuen, bukan sebaliknya.

“Selain itu juga diharapkan pengurus agar dapat mengibarkan bendera PPM sampai ke kecamatan dan gampong di Bireuen,” katanya.

Sementara itu Ketua LVRI Aceh, Kolonel (Purn) HM Djafar Karim, berharap kepada Pengurus Cabang Pemuda Panca Marga yang baru dilantik untuk membantu orang tua mereka yang sudah pada uzur, bergabung dalam kepengurusan DPC LVRI untuk dapat menggerakkan organisasi LVRI di seluruh Aceh.

Kepada seluruh anak-anak veteran di seluruh Aceh untuk bersatu kembali dalam wadah Pemuda Panca Marga, bersama Veteran selaku orang tuamu.

“Selamatkan perjuangan para pejuang kemerdekaan, selamatkan Lembaga DPD dan DPC LVRI dan selamat bekerja,” pesannya.

Dandim 0111/Bireuen, Letnan Kolonel (Letkol) Inf. Muhammad Ali Akbar, dalam sambutannya, mengucapkan, selamat kepada pengurus Cabang PPM Bireuen yang baru dilantik.

“Semoga dengan pengurus yang baru PPM Cabang Bireuen akan lebih baik dan lebih maju serta lebih profesional untuk melanjutkan peran serta dan fungsi dari Pemuda Panca Marga,” harapnya.

Bupati Bireuen Muzakkar A Gani dalam sambutannya, mengatakan, Pemuda Panca Marga merupakan organisasi kemasyarakatan yang bersifat kekeluargaan dan merupakan wadah berhimpunnya bagi para putra-putri Veteran Republik Indonesia.

PPM memiliki hubungan kesejarahan yang tidak dapat dipisahkan dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan merupakan keluarga besar TNI/Polri.

Pemuda Panca Marga sebagai pewaris, pelestarian serta pembudayaan semangat nilai-nilai 45 dalam perwujudan kesetiaan kepada Bangsa dan Negara.

Oleh karena itu organisasi PPM dibawah naungan LVRI harus bebas dari politik praktis. Sikap politik LVRI dan PPM sama yakni pro politik kenegaraan.

Sehubungan dengan pelantikan PP PPM masa bakti 2021-2026, kedepannya diharapkan menjadi organisasi yang tumbuh dalam suatu tradisi yang meletakkan nilai-nilai idealisme, patriotisme, terorisme dan solidaritas sebagai penghayatan tertinggi untuk meneruskan cita-cita perjuangan Veteran RI mengisi kemerdekaan sebagai wujud pengamalan Pancasila.

Pengurus Pimpinan Cabang Pemuda Panca Marga (PP PPM) harus senantiasa memiliki tekad untuk meneruskan cita-cita perjuangan Veteran RI mengisi kemerdekaan, dengan berkiprah dalam pembangunan nasional sebagai wujud pengamalan Pancasila.

“Kami ucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Pengurus Personalia Pengurus Pimpinan Cabang Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Bireuen Masa Bhakti 2021-2026,” ucapnya.

Bupati berharap dengan kepengurusan yang baru saja dilantik dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara, serta mampu mengimplementasikan terkait program kerjanya selama 5 tahun kedepan.

Hadir dalam kegiatan itu, antara lain unsur Forkopimda, Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mykhtar S.Sos, Ketua LVRI Aceh, Kolonel (Purn) HM Djafar Karim, Ketua LVRI Bireuen, AR Djoeli, Staf Ahli Bupati. Para Asisten sejumlah kepala SKPK, dan pengurus organisasi kepemudaan lainnya. (Herman Suesilo).