KABAR BIREUEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen kembali menyerahkan bantuan perlengkapan sekolah dan sembako untuk ratusan murid di empat SD korban banjir Aceh Utara, Rabu (20/1/2021) siang.

Bantuan yang berasal dari donasi Aparatur Sipil Negara (ASN), guru dan siswa serta masyarakat Kabupaten Bireuen ini, diantar langsung ke sekolah masing-masing yang berada di empat lokasi terpisah.

Sebelumnya, secara simbolis bantuan tersebut diserahkan Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH., M.Si yang diwakili Sekda Ir. Zulkifli, Sp kepada Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf yang didampingi Sekda Dr. A. Murtala, MSi, Asisten I Dayan Albar serta sejumlah pejabat terkait di Kantor Bupati Aceh Utara, Lhoksukon, Rabu (20/1/2021).

Dijelaskan Sekda Zulkifli, bantuan sebanyak 563 paket perlengkapan sekolah dan juga sejumlah sembako ini, sebagai bentuk kepedulian dari Pemkab Bireuen kepada empat SD terimbas banjir di Aceh Utara.

Adapun sekolah sasaran bantuan tersebut yaitu untuk sebanyak 155 murid SDN 5 Lhoksukon di Desa Meunasah Dayah Lb, Kecamatan Lhoksukon, sejumlah 200 murid SDN 10 Lhoksukon di Desa Beuringin, 92 murid SDN 3 Pirak Timu di Desa Asan Krueng Kreh, dan 89 murid SDN 5 Pirak Timu di Desa Reungkam, Kecamatan Pirak Timu.

Dalam masing-masing tas ransel sekolah ini, sebut Zulkifli, berisi buku tulis, pulpen dan perlengkapan sekolah lainnya. Bantuan ini berasal dari sumbangan para guru dan siswa yang difasilitasi Kadisdikbud Bireuen.

Beberapa waktu lalu, bantuan dari ASN Bireuen juga telah diserahkan Bupati Muzakkar A. Gani kepada Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib.

“Bantuan perlengkapan sekolah kali ini, juga sebagai bentuk kepedulian Pemkab Bireuen dan jajaran untuk meringankan beban bagi anak-anak SD korban banjir. Ini langsung kami antar dan serahkan ke sekolah masing-masing,” begitu disampaikan Sekda Zulkifli.

Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Pemkab Bireuen dan jajarannya yang begitu peduli pada masyarakat korban banjir di Aceh Utara. Diharapkannya, kepedulian sosial dan silaturahmi yang telah terjalin ini dapat terus terbina dengan baik.

 

Wabup Fauzi Yusuf mengatakan, Pemkab Aceh Utara melihat Pemkab Bireuen dan jajaran dinas pendidikan beserta seluruh guru serta siswa, begitu tulus dan peduli terhadap kondisi pendidikan di Aceh Utara yang tertimpa musibah banjir beberapa waktu lalu. Karenanya, dirinya atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga, atas bantuan yang sangat dibutuhkan ini.

“Kepedulian Pemkab Bireuen dan jajarannya sungguh luar biasa. Setelah menyerahkan sembako paska banjir, hari ini dilanjutkan dengan bantuan perlengkapan sekolah. Kami sangat terharu atas antusias guru-guru membantu pendidikan kami di Aceh Utara. Salam kami kepada guru-guru di Bireuen,” ungkap Wabup Fauzi Yusuf dengan terharu.

Seusai penyerahan secara simbolis kepada Wabup Fauzi Yusuf, selanjutnya Sekda Zulkifli dan pejabat terkait yang didampingi Asisten I Setdakab Aceh Utara, Dayan Albar bersama Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Aceh Utara, Razali SPd.I, MSP, MPd serta staf, ikut mendampingi saat mengantar bantuan tersebut ke empat sekolah sasaran.

Bantuan untuk 155 murid SDN 5 Lhoksukon diterima kepala sekolah, Irwati SPd beserta para guru. Begitu juga untuk 200 murid SDN 10 Lhoksukon diterima kepala sekolah, Fadilah SPd, untuk 92 murid SDN 3 Pirak Timu diterima kepala sekolah, Siti Hasanah, SPd dan untuk 89 murid SDN 5 Pirak Timu diterima kepala sekolah, Abu Bakar.

Para Kepala SD tersebut juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Pemkab Bireuen ini. Mereka memastikan, bantuan yang sangat dibutuhkan anak-anak sekolah tersebut, akan segera diserahkan kepada masing-masing murid.

Sejumlah pejabat Pemkab Bireuen yang ikut mengantar dan mendampingi Sekda Zulkifli saat penyerahan bantuan tersebut antara lain Plt Asisten I Zaldi AP, S.Sos, Asisten III Dailami S.Hut, Kadisdikbud Drs. Muhammad Nasir, MPd, Kepala DPKKD Zamri, SE, Kabag Kesra M. Yusuf, S.Sos, Kabid Pembinaan SD Disdikbud Bireuen Alfian, MPd beserta rombongan lainnya. (Suryadi)