KABAR BIREUEN – Satu lagi restoran franchise muncul di Banda Aceh. Restoran franchise Sei Sapiku yang terkenal dengan sajian daging sapi asap tersebut, kini hadir di Banda Aceh, dengan tagline “Siap Menggoyang Lidah Warga Banda Aceh”. Acara grand openingnya baru saja digelar pada Minggu 14 Maret 2021.

Owner Sei Sapiku Banda Aceh, Muhadzir Akmal, menceritakan, usaha kulinernya itu berawal dari aktivitasnya di media sosial, dan suka melihat aneka macam makanan.

“Saya mencoba makanan yang tren di medsos, tapi lama-lama jadi bosan karena merasa tidak memiliki. Inginnya memiliki usaha kuliner, sehingga bisa kita modifikasi apa yang kita senangi pada makanan. Sampai kemudian pernah terlihat Sei Sapiku di Instagram,” sebut Akmal yang ditemui media ini di tempat usahanya, Cot Lamkuweuh, Banda Aceh, Senin (15/3/2021).

Saat pandemi Covid-19, Akmal melihat kuliner Sei Sapiku sering muncul di media sosial. Lalu, ia mencoba menyantapnya. Hingga kemudian mencari informasi pemiliknya yang ternyata masih muda, dan franchise kuliner ini juga baru dibangun, namun berkembang pesat.

Setelah itu, dalam beberapa bulan franchise kuliner ini makin pesat perkembangannya. Ia perhatikan brand ini benar-benar kuat dari segi marketingnya, dengan misinya membuka lapangan kerja.

“Brand ini belum sampai setahun sudah hampir 70 cabang yang mau buka di seluruh Indonesia. Begitu gigihnya marketing yang mereka lakukan, sehingga saya tertarik untuk membukanya di Banda Aceh,” papar pria yang hobi wisata kuliner.

Menurut pengusaha muda ini, lokasi yang dipilihnya di kawasan Ulee Lheue, karena sesuai dengan target pasar restonya untuk keluarga. Selain itu, kawasan tersebut juga tempat wisata dan pusat kuliner.

“Sei Sapiku ini cocok untuk masyarakat Aceh karena lebih dominan suka makan daging sapi, apalagi dengan banyak variasi sambalnya hingga delapan pilihan. Jadi saya optimis daging asap ini banyak peminatnya,” kata Akmal yang kini dibantu 14 orang karyawan.

Sei Sapi merupakan sajian daging sapi yang diolah dengan cara diasap. Tekstur dagingnya padat dan empuk, cocok disantap dengan tumisan daun singkong, nasi dan aneka sambal seperti sambal luat, sambal matah, sambal terasi jeruk, sambal pete dan lainnya.

Media ini mencoba menu sei sapi, nasi, tumisan daun singkong, kuah kaldu dengan sambal luat dan sambal pete, rasanya lezat dan bikin ketagihan. Harganya pun masih terjangkau dimulai dari 20 ribuan saja dengan pilihan Sei Ayam.

“Harapannya, Sei Sapiku ini lebih maju, serta dapat membantu masyarakat yang kena PHK. Apalagi dengan adanya UMKM dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Banda Aceh,” harap pria asal Pidie ini.  (Wira)