KABAR BIREUEN-Dua belas siswa pemenang lomba Tahfidz (Hafalan Al-Qur’an) jenjang SMP Negeri dan Swasta se-Kabupaten Bireuen tahun 2021 diberikan hadiah.

Kegiatan lomba dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen melalui Bidang Pembinaan SMP ini berlangsung selama tiga hari, (18-20/11/2021) di Aula SKB Disdikbud setempat.

Hal itu dikatakan Kadisdikbud Bireuen, Muhammad Al Muttaqin, melalui Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Bireuen, Asmudi, S.Pd.,M.Pd, kepada Kabar Bireuen, diruang kerjanya. Senin. (22/11/2021), pagi.

Dikatakan, kegiatan Tahfidz ini memperlombakan dua kategori, yaitu kategori Tahfidz 1 Juz putra-putri dan kategori Tahfidz 2 Juz putra-putri.

Adapun kedua belas pemenang tersebut terdiri dari peringkat pertama, kedua dan ketiga dimasing-masing kategori yang diperlombakan.

Disebutkan, untuk kategori Tahfidz 1 Juz Putra, peringkat satu diraih oleh Muhammad Raif Muzaffar (SMP Ummul Ayman), peringkat dua, Ruzza (SMPN 1 Bireuen) dan peringkat tiga, Ahyar (SMP Islam Ummulqura ).

Selanjutnya Kategori Tahfidz 1 Juz Putri, peringkat satu diraih Syakila Salsabila (SMP IT Azkia), peringkat dua (Nufusit Zakiah (SMPN 3 Bireuen) dan peringkat tiga, Nazirah (SMP Sukma Bangsa)

Kemudian, kategori Tahfidz 2 Juz Putra, peringkat satu, peringkat dua dan peringkat tiga, yaitu Muhammad Abdul Aziz (SMP Tafizh Al-Qur’an Telaga Ilmu), Haikal Alghifari (SMP Islam Ummulqura) dan Muhammad Ziaulhaq (SMP IT Attaqwa).

Kategori Tahfidz 2 Juz Putri. peringkat satu, peringkat dua dan peringkat tiga, yakni Raihatunnura (SMPS ASD Fondation), Nurul Azizah (SMP Sukma Bangsa) dan Maqfirah (SMP Muhammadiyah Gandapura).

Adapun hadiah yang diberikan berupa piala, selain itu, para pemenang Tahfidz Quran juga menerima uang pembinaan, diharap hadiah yang diberikan bermanfaat untuk menunjang pendidikan.

Disampaikan, dalam waktu dekat ini, Disdikbud Bireuen melalui Bidang Pembinaan SMP kembali
mengadakan kegiatan pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa jenjang SMP Negeri dan Swasta se Kabupaten Bireuen.

“Lomba tersebut direncanakan digelar selama dua hari pada 28-29/11/2021, di Aula SKB Disdikbud setempat, ada tiga cabang yang diperlombakan,
yakni Cabang Tilawah. Kaligrafi dan Pidato,” sebutnya. (Herman Suesilo).