KABAR BIREUEN – Ketua Komisi I DPRK Bireuen, Yufaidir SE meminta Pemkab setempat menertibkan anak-anak yang mengemis di lampu merah dan di warung-warung.

“Kalau tidak ditertibkan sekarang, ini akan dicontoh oleh anak yang lain. Dan jangan ada pembiaran, baik dari orangtua maupun pemerintah,” kata Ketua Komisi I DPRK Bireuen, Yufaidir SE, Selasa (7/4/2020), di ruang DPRK Bireuen.

Kata Yufaidir, seharusnya anak-anak tersebut berada di bangku sekolah. Bukan keluar masuk warung atau berada di lampu merah meminta belas kasihan orang.

Politikus muda dari Partai Aceh ini mengharapkan, dinas terkait harus aktif mencaritahu permasalahan anak-anak itu sehingga turun kejalan untuk mengemis.

“Apakah mereka disuruh orangtua karena faktor ekonomi, atau ada motif lain. Pemerintah punya kewajiban untuk melindungi hak anak, karena itu amanah Undang-undang,” sebutnya.

Ketua Komisi I DPRK Bireuen ini juga mengingatkan, di tengah Pandemi Covid-19 sangat rawan bagi anak-anak berinteraksi di tempat umum.

Yufaidir berjanji dalam waktu dekat akan memanggil Dinas Sosial untuk meminta penjelasan terkait maraknya anak di bawah umur yang mengemis. (Rizanur)

BAGIKAN