KABAR BIREUEN- Karakter Kunci kesuksesan seseorang. Kita harus percaya bahwa karakter adalah kunci keberhasilan individu.

Dari sebuah penelitian di Amerika, 90 persen kasus pemecatan disebabkan oleh perilaku buruk seperti tidak bertanggung jawab, tidak jujur, dan hubungan interpersonal yang buruk.

Hal itu disampaikan Rektor Umuslim Peusangan, Dr H Amiruddin Idris SE M.Si dalam sambutannya pada rapat senat terbuka Wisuda sarjana dan ahli madya Universitas Almuslim XXXII hari kedua, Minggu (22/12/2019).

Jumlah wisudawan hari kedua sebanyak 450 lulusan dan 16 orang Cum Laude berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP).

“Sehebat apapun pendidikan, prestasi, dan gelar yang kita capai, tidak akan berguna tanpa memiliki karakter yang baik,” sebutnya.

Selain itu, terdapat penelitian lain yang mengindikasikan bahwa 80 persen keberhasilan seseorang di masyarakat ditentukan oleh Kecerdasan Emosional.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, saya menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada seluruh rekan dosen, staf administrasi, dan seluruh karyawan Universitas Almuslim atas segala kerjasama, keikhlasan serta kesungguhannya dalam melaksanakan tugas mendidik mahasiswa kita hingga mereka berhasil menyelesaikan studinya dan diwisuda pada hari bahagia ini,” ungkapnya.

Pesatnya perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0, sangat berpengaruh terhadap karakteristik pekerjaan yang ada saat ini.

Menurutnya, karakteristik di era revolusi industri ini, meliputi digitalisasi, optimis dan customization produksi, otomatis dan adaptasi, interaksi manusia dengan mesin, value added service and business, automatic data exchange and communication serta penggunaan teknologi informasi.

Dikatakannya, karakteristik ini sekarang sedang ditransformasikan, dalam lingkungan akademik di kampus Umuslim.

“Sedikit demi sedikit, telah memberikan hasil yang baik dengan indikator, Universitas Almuslim berhasil meraih prestasi sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Aceh kategori universitas, berdasarkan keputusan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh,” jelas Amiruddin Idris.

Selain itu banyak prestasi lain yang diraih umuslim dalam beberapa tahun ini, seperti dua akademisi Umuslim memperoleh penghargaan dosen terbaik, lingkup LLDIKTI Aceh dan juga keberhasilan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang telah terakreditasi A, sebagai prodi unggul di lingkup LLdikti Aceh.

Dan baru saja diumumkan universitas swasta ini kebanggan berhasil meraih penghargaan tiga terbaik Program Hibah Bina Desa (PHBD) tingkat nasional tahun 2019.

Kemudian LPPM Universitas Almuslim juga berhasil naik peringkat dari Claster Madya ke Claster Utama dan Prodi Hubungan Internasional (HI) yang merupakan prodi baru. Prodi HI satu-satunya di Aceh dan belum ada alumni, Alhamdulillah berhasil meraih nilai Akreditasi B.

“Kepada Bapak Plt Gubernur Aceh kami sampaikan, untuk pelaksanaan Program PPG (Pendidikan Profesi Guru) dari Kemendikbud, sedang menunggu mekanisme dan prosedur yang mengatur PPG dalam Jabatan atau PPG Prajabatan,”sebutnya.

Sebelumnya beberapa tahun lalu Umuslim bersama Unsyiah juga telah pernah mendapat kepercayaan sebagai penyelenggaraan program Guru dalam Jabatan.

“Selain itu, kami mendapat bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahanan Rakyat (PUPR) untuk pembangunan Rusunawa tiga lantai, lengkap dengan fasilitas kamar mandi di dalam yang setara apartemen terletak di kampus timur, serta bantuan bus kampus dari Kemenhub RI,” jelas Amiruddin Idris yang sudah dipercaya sebagai anggota DPR Aceh.

Dengan adanya fasilitas rusunawa diharapakan nantinya akan dapat memperlancar proses pelaksanaan pendidikan PPG di Umuslim.

Karena kedepan setiap lulusan tenaga kependidikan harus mengikuti program PPG selama 6 bulan sampai satu tahun dan sistem pembelajaran berasrama.

Untuk melahirkan program ini merupakan tugas besar yang harus dia tuntaskan tahun ini. Karena itu, dia memohon doa semoga apa yang sedang kami perjuangkan berjalan lancar tanpa halangan apa-apa.

“Akhirnya, dengan harapan dan doa semoga sukses, saya atas nama pimpinan dan sivitas akademika Universitas Almuslim melepas Saudara semua. Selamat berjuang, selamat membangun masyarakat dan bangsa,” pungkasnya. (Ihkwati)

 

BAGIKAN