KABAR BIREUEN-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Azhari SE MSi bersama jajaran DPMG Aceh berkunjung ke Bireuen.

Kunjungan itu untuk meninjau pelaksanaan Bimtek Operator Aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP) Pada kamis (08/04/2021) di AAC Ampon Chik Peusangan.

Turut serta bersama Kadis PMG Aceh, Koordinator Program Kemitraan Australia dan Indonesia KOMPAK Diki Arisandi dalam kunjungannya ke Bireuen.

Kedatangan Kadis PMG Aceh guna melihat langsung pelaksanaan Bimbingan Teknis Aplikasi SIGAP di Bireuen yang sedang diselenggarakan oleh BKAD se-Kabupaten Bireuen yang menggandeng Lembaga Aceh Resource And Development (ARD) pimpinan Misdarul Ihsan.

Kadis PMG Aceh Azhari SE MSi tiba di lokasi Bimtek SIGAP dengan didampingi oleh Kepala DPMG-PKB Kabupaten Bireuen, Kepala DISKOMINSA Kabupaten Bireuen dan Kabag Pemerintahan Setdakab Bireuen.

Azhari langsung mengunjungi kelas dimana peserta sedang mengikuti materi Bimtek, Kadis PMG Aceh langsung berinteraksi dengan para peserta untuk mendapatkan masukan dari peserta.

“Aplikasi SIGAP ini sudah 3 tahun dikembangkan oleh Pemerintahan Aceh bersama KOMPAK, mulai versi 1.0 sampai saat ini sudah sampai di versi 1.7.5. Aplikasi SIGAP diciptakan untuk menjawab tantangan Digitalisasi untuk memudahkan Gampong dalam pengelolaan pemerintahan Gampong.” jelas Azhari.

Kadis PMG Aceh memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Bimtek SIGAP di Bireuen, dan mengharapkan bisa diikuti oleh Kabupaten/Kota lainnya.

“Sebelum ke seluruh Kabupaten/Kota di Aceh, selanjutnya Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Bener Meriah lebih dulu.” kata Kadis PMG Aceh.

Selain memberikan apresiasi untuk pelaksanaan kegiatannya, Kadis PMG Aceh juga memberikan apresiasi kepada para trainer yang melatih Aplikasi SIGAP.

Koordinator Kompak Aceh, Diki Arisandi juga turut memberikan apresiasi kepada para Trainer SIGAP di Bireuen yang terdiri dari unsur Dinas PMG-PKB Kabupaten Bireuen, Dinas KOMINSA Kabupaten Bireuen, unsur Keuchiek dari APDESI dan Pendamping Desa P3MD.

“Kami telah melihat kualitas pelatih yang sangat mumpuni pada kunjungan sebelumnya, dan kami rencana akan melakukan upgrading kepada pelatih dengan mengadakan Advance Training. Para pelatih yang saya sebut SIGAPER ini harus bisa menjadi aset Pemerintah Aceh dalam hal Sistem Informasi Desa.” terang Diki Arisandi.

Kegiatan kunjungan Kadis PMG Aceh pada pelaksanaan Bimtek Aplikasi SIGAP ini ditutup dengan demonstrasi pengurusan surat menyurat gampong menggunakan Aplikasi SIGAP di depan seluruh peserta dan rombongan yang hadir.

Turut hadir di lokasi Tenaga Ahli Pemberdayaan Partisipatif P3MD Kabupaten Bireuen, Drs Mudhir. (Herman Seusilo)