KABAR BIREUEN – Ramadhan satu-satu bulan yang memiliki keristimewaan-istimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya.

Keistimewaan tersebut bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi umat manusia serta perintah-perintah antara yang benar dengan yang salah.

Demikian antara lain disebutkan Tgk Tarmizi Judon dari Ulee Glee (Pijay) yang bertindak sebagai khatib Jum’at dalam menyampaikan khutbahnya di Mesjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen Jum’at (16/4/2021).

Firman Allah dalam surat Al Baqarah (QS 2 : 185) menyatakan, didalam bulan suci Ramadhan itu diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda antara yang hak dengan yang bathil.

Kitab suci Alquran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan Malaikat Jibril diturunkan pada malam Ramadhan.

Malam Nuzulul Quran yaitu malam diturunkan Al Quranul Karim pada malam 17 Ramadhan. Al Quran yang berisi 30 Juz, 114 surat terdiri dari 6666 ayat diturunkan Allah untuk memberi petunjuk kepada jalan yang lurus serta memberi kabar gembira bagi orang-orang mukmin yang mengerjaklan amal shaleh.

“Alquran sebagai kitab suci yang paling penghabisan setelah Taurat, Zabur dan Injil  diturunkan Allah pada bulan Ramadhan. Ramadhan merupakan satu-satunya bulan disebut bulan Alquran lebih baik dari seribu bulan,” ujar Tgk Tarmizi.

Keistimewaan lain bulan Ramadhan didalamnya Allah mewajibkan orang-orang yang beriman untuk berpuasa sebulan penuh.

Puasa Ramadhan termasuk ibadah wajib merupakan rukun Islam keempat. Bulan suci Ramadhan  bulan yang diwajibkan oleh Allah berpuasa.

“Barang siapa berpuasa dan mengerjakan shalat malam dengan sungguh-sungguh karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan keluar dosa-dosanya seperti baru dilahirkan dari rahim ibunya,” sebutnya.

Kemudian, Lailatul Qadar diturunkan Allah dibulan Ramadhan merupakan suatu malam yang sangat bernilai tinggi lebih mulia dari seribu bulan.

Firman Allah, “ Sesungguhnya kami telah menurunkan Alquran pada malam kemuliaan. Malam kemuliaan  lebih mulia dari seribu bulan. Pada alam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan malam penuh kesejahteraan sampai terbit fajar (QS 97 : 1-5) (H.AR Djuli)