KABAR BIREUEN- Ada beberapa keutamaan menyembelih qurban. Qurban sebagai sarana Takarrub diri kepada Allah Maha Pencipta. Sesungguhnya ibadah Qurban adalah salah satu sarana dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagaimana halnya ibadah shalat.

Demikian antara lain Khatib Tgk Syaugi Majid dalam menyampaikan khutbah shalat Idul Adha di Masjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen Jum’at pagi (31/7/2020).

Dikatakan, qurban juga menjadi media taqwa  seseorang hamba, sesuai firman Allah dalam surat Al Maidah ayat 27, yang artinya, “ Sesungguhnya Allah hanya menerima qurban dari orang-orang yang bertaqwa. (QS.Al Maidah ayat 27).

Berqurban menjadi bukti ketaqwaan seseorang hamba sesuai firman Allah, daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridhaan Allah tapi ketaqwaan dari  kamulah yang dapat mencapainya. (QS.Al Hujarat 7).

Dikemukakan, berqurban sebagai sikap taat atas perintah Allah.Ibadah qurban dapat memancarkan sikap dan perilaku menegakkan ketaatan hamba kepada Sang Pencipta.

Mereka akan sadar siapa dirinya dan siapa Penciptanya  terimplementasi dalam mentaati perintah Allah SWT. Firman Allah ; “ Dan bagi tiap-tiap kami syariatkan penyembelihan qurban supaya mereka menyebutkan nama Allah terhadap binatang ternak yang telah diizinkan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu  ialah Tuhan yang Maha Esa karena itu berserah dirilah kepada-NYA.

Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk kepada Allah. (QS. Al Hajj  ayat 34). Ibadah qurban sebagai saksi di akhirat akan mendapat amalan yang berlipat gnda dari Allah SWT.

Dalam sebuah hadist disebutkan, tidak ada amalan yang dikerjakan anak adam pada hari raya qurban yang lebih dicintai Allah dan mengalirkan darah, sesugguhnya pada hari qiamat ia akan datang dengan tanduk, kukunya, dan buku-bulunya.

Allah memerintahkan Nabi Ibrahim As supaya menyembelih anaknya Ismail. Beliau menyambut baik perintah Allah tanpa ragu, sehingga Allah Ta’ala memberikan ganti dari langit sebagai tebusan bagi anaknya Nabi Ismail As.

Ibadah qurban memiliki sisi positif  pada aspek sosial, Distribusi daging qurban mencakup seluruh kaum muslimin terutama fakir miskin sehingga akan dapat memupuk solidaritas umat. (Hadis Ali bin Abi Thaleb).

Amatan Kabar Bireuen, shalat Idul Adha di Masjid Agung Sultan Jeumpa dihadiri Bupati Bireuen DR H Muzakkar A Gani,SH, M Si, para Asisten Kadis Syariat Islam Anwar S Ag, Alim Ulama, kaum muslimin dan muslimat kota Bireuen dan sekitarnya dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan, setiap jamaah yang masuk di gerbang masjid dibagikan masker. (H.AR Djuli).

BAGIKAN