KABAR BIREUEN –  Sedekah memiliki banyak fadhilah, misalnya dapat menghapus dosa yang telah dilakukan. Kita harus senantiasa memperbanyak sedekah.

Hal ini mengingat, sebagai manusia biasa pasti banyak melakukan kesalahan dan dosa, baik disengaja ataupun tidak.

Demikian disampaikan Tgk Bahagia Hadi, S.Pd.I., M.Pd dalam ceramah subuh di Mesjid Agung Sultan Jeumpa, Bireuen, Minggu (9/5/2021).

Dalam salah satu hadist dikatakannya, sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api (HR At Tarmizi).

“Secara umum sedekah adalah perbuatan terpuji sesama manusia. Semakin banyak orang bersedekah, semakin banyak ia melakukan kebaikan dan semakin banyak pula ganjarannya,” ujarnya.

Menurut Tgk Bahagi Hadi, perbuatan yang baik secara umum dijanjikan Allah imbalan yang besar, tidak terkecuali kita bersedekah.

Dia mengutip Firman Allah dalam surat Hut ayat 114: Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan dari pada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan dosa, perbuatan-perbuatan yang buruk itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

Dalam ceramahnya, Bendahara Umum DPD-BKPRMI Kabupaten Bireuen ini, juga menyampaikan salah satu di antara tujuan puasa adalah taqwa, “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS.2:183).

Dan salah satu di antara keutamaan orang yang bertaqwa adalah Allah akan menjamin syurga baginya disebabkan karena ketaqwaan.

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada syurga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa” (QS.3 :133).

Dikatakan Tgk Bahagia Hadi, untuk mencapai derajat taqwa, harus ada upaya yang keras dan sungguh-sungguh. Bukan hanya dengan ibadah kepada Allah, tapi harus ada upaya lain yang dapat ditempuh.

Para ulama mengatakan, ada lima jalan yang dapat dilalui menuju taqwa, yaitu mu’ahadah, muraqabah, muhasabah, mu’aqabah dan mujahadah.

“Semoga melalui ibadah di bulan Ramadhan menjadikan kita pribadi yang bertaqwa di bulan yang penuh berkah ini,” tutup Tgk Bahagia Hadi. (H. AR Djuli)