KABAR BIREUEN – Pemerintah Gampong Matangglumpangdua Meunasah Dayah, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahap pertama kepada masyarakat yang berhak menerimanya, Senin (18/5/2020).

Pembagian BLT tersebut secara simbolis dilakukan Camat Peusangan, Ibrahim, S.Sos yang didampingi Keuchik Gampong Rifian Nurdin, Peutua Tuha Peut H. Razali Ismail, SE, kepada masyarakat penerimanya di kantor Keuchik Gampong Matangglumpangdua Meunasah Dayah.

Keuchik Gampong Matangglumpangdua Meunasah Dayah, Rifian Nurdin, melalui Sekretaris Desa, Denny Sumantri M, mengatakan, total sebanyak 101 kepala keluarga (KK) di desanya yang berhak menerima BLT-DD senilai Rp 600 ribu/bulan.

Bantuan itu diberikan selama tiga bulan, yakni April, Mei dan Juni 2020. Sehingga, total BLT-DD yang diterima sebesar Rp 1,8 juta.

“Hari ini tahap pertama, untuk pendistribusian BLT Dana Desa bulan April,” ungkapnya di sela penyaluran bantuan tersebut.

Denny memastikan, proses penyaluran BLT-DD itu dilaksanakan dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Mulai dari wajib pakai masker, cuci tangan bersih, hingga pengaturan jarak (social/physical distancing).

“Pelaksanaannya sesuai protokoler Covid-19, mengingat penyalurannya secara tunai dan langsung ke penerima,” sebut Denny.

Dijelaskannya, para penerima BLT-DD ini dipastikan adalah warga miskin dan terdampak Covid-19. Selain itu, 101 KK tersebut juga belum mendapatkan bantuan jaring pengaman sosial (JPS) lainnya, seperti PKH, BPNT, BST dan juga kartu pra kerja.

Pihaknya berharap, bantuan tersebut dapat sedikit meringankan beban masyarakat secara ekonomi di tengah pandemi virus corona. “Harapannya bisa membantu warga dalam segi ekonomi karena dampak dari corona ekonomi warga jadi banyak yang menganggur dan ekonomi menurun.

“Untuk BLT-DD tahap kedua dan ketiga (bulan Mei dan Juni) nanti akan dicairkan pada bulan berikutnya. Soalnya, BLT ini tidak bisa dirapel,” tandasnya.

Menurut Denny, dalam penyaluran tahap pertama ini, terdapat 6 KK yang sedang mengalami sakit kronis. Sehingga, BLT-DD tersebut diantar ke rumah masing-masing penerima oleh perangkat gampong yang disaksikan unsur Tuha Peut.

Amatan Kabar Bireuen, penyaluran BLT itu berlangsung aman dan tertib. Para penerimanya, tidak berdesak-desakan dan menjaga jarak satu sama lain. Apalagi, pembagiannya dipisahkan, sesuai domisili atau dusun masing-masing yaitu Dusun Baroh, Dusun Teungoh dan Dusun Tunong.

Turut hadir dalam penyaluran BLT-DD tersebut anatara lain, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Peusangan, Babinsa Koramil Peusangan, seluruh perangkat gampong serta unsur Tuha Lapan dan Kepemudaan. (Suryadi)

BAGIKAN