KABAR BIREUEN-Tari Medley Peukateun Aneuk Nanggroe asal Kabupaten Bireuen, Aceh tampil memukau pada acara Gita Natya Nusantara dalam rangka Expo Nusantara, HUT Ulang Tahun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke 44 di Gedung Sasana Kriya TMII, Jumat (19/4/2019).

Tarian yang menggambarkan tradisi budaya beragam di Propinsi Aceh. Tarian Medley ini merupakan penggabungan beberapa tarian khas Aceh yaitu Tari Ranup Lampuan, Tari Seudati dan Tari Rabbani Wahed yang merupakan tarian khas Kabupaten Bireuen.

Tarian yang dimainkan oleh 45 penari dari beberapa sanggar di Bireuen adalah binaan Dewan Kesenian Aceh (DKA) Bireuen dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bireuen.

Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Bireuen, Farid Maulana, SE, MSM mengatakan, penampilan spektakuler dari Aceh mendapatkan aplaus yang sangat meriah dari penonton yang menyaksikan.

“Tarian ini digarap oleh Novi MR, Koreografer Syeh Mulyadi dan Chandra, serta Penata Musik Evan Rinaldi,” katanya.

Turut menyaksikan ibu Plt. Gubernur Aceh, Dr Dyah Erti Idawati, Ketua DPRK Bireuen, Ridwan Muhammad, SE, M.Si, Ibu Bupati Bireuen, Hj. Fauziah M. Daud, S.Pd, Ibu Wakil Bupati Bireuen, Hj. Nurjannah Ali, SE, MM Kepala SKPK, dan undangan dari Seluruh Indonesia.(Ihkwati)