KABAR BIREUEN-Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bireuen Drs Murdani Secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Karang Taruna Desa (Gampong) di Oproom Kantor Bupati setempat, Rabu (27/11/2019).

Pada kesempatan itu Murdani mengatakan, Karang Taruna Desa (Gampong) diharapkan dapat menggali segala aspek yang menyangkut permasalahan kesejahteraan sosial di masing-masing wilayah sesuai karakteristik yang ada.

“Sekaligus menghasilkan rumusan, model maupun strategi penanganan permasalahan sosial ke depan,” sebutnya.

Karang Taruna sebagal tenaga penggerak pembangunan kesejahteraan sosial memiliki peranan yang cukup besar dalam pembangunan masyarakat.

Dijelaskan, sebagai penanggung jawab teknis, Dinas Sosial Kabupaten Bueuen dalam membina Karang Taruna telah mengupayakan beberapa Iangkah kegiatan.

Antara Iain secara terprogram melakukan sosialisasi dan pembinaan teknis, pemberian bantuan stimulan dalam bentuk pengembagan Usaha Ekonomi Produktnf (UEP) atau Kelompok Usaha Bersama (KUBE) serta bantuan hibah.

“Hal ini dirasakan sangat kurang. DPRK diharapkan bisa membantunya,” pinta Murdani.

Disampmg pemberian bimbingan, sosialisasi dan bantuan, juga telah dulakukan evaluasi terhadap fungsi dan peran Karang Taruna. Langkah-Iangkah ini akan terus dulakukan sampan Karang Taruna Bureuen benar-benar menjadi komponen penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang handal

“Semoga kegiatan Sosialisasi Karang Taruna Desa ini menjadi tonggak meningkatnya kemitraan Pemerintah dengan segenap potensi dan sumber kesejahteraan sosial umumnya. khususnya Karang Taruna Desa/Gampong di Kabupaten Bireuen delam mewujudkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat,” kata Kadis Sosial ini.

Sebelumnya Ketua DPRK Rusyidi Mukhtar S.Sos mengatakan, pemuda hari ini adalah pemuda masa depan. DPRK Bireuen mendukung gerakan Karang Taruna.

“Dengan kehadiran pemuda mengedepankan kebersamaan. Tiap pengurus atau ketua di kecamatan atau tingkat lain jangan menganggap pengurus lain yang di bawah sebagai anak buah,” harap Rusyidi Mukhtar.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bireuen, Drh Murdani melaporkan, kegiatan ini diikuti 80 orang sebagai peserta terdiri dari Unsur Kepemudaan, Tagana, TKSK, PKH dan IPSM.

Kegiatan ini dihadiri  Sekjen Karang Taruna, Ketua MPKT Karang Taruna Bireuen, Pembina Fungsional dan Pembina Teknis Karang Taruna, Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Sosial Kemasyarakatan, Pengurus Karang Taruna se Kabupaten Bireuen dan undangan lainnya.(Herman Suesilo).

BAGIKAN