Adrian, S.Pd, M.Pd

KABAR BIREUEN – SMPN 3 Bireuen hingga kini ini belum miliki fasilitas utama perpustakaan dan laboratorium sekolah.

Tiga fasilitas penunjang lainnya yaitu ruang dewan guru, ruang kepala sekolah dan lapangan olahraga voli bagi siswa, juga belum tersedia.

Kepala SMPN 3 Bireuen, Adrian, S.Pd, M.Pd, mengemukakan hal itu kepada Kabar Bireuen di ruang kerja darurat kepala sekolah, Jumat (23/3/2018) kemarin.

Dikatakannya, SMPN 3 Bireuen yang berlokasi di lintasan Jalan Medan – Banda Aceh tersebut, merupakan salah satu SMP unggul di pusat kota Bireuen. Sekolah ini sudah menjadi pilihan bagi masyarakat Bireuen untuk menyekolahkan putra-putri mereka.

“Hingga saat ini, SMPN 3 Bireuen memiliki 840 siswa-siswi dengan tenaga guru penmgajar sebanyak 114 orang terdiri dari 49 guru PNS dan 65 guru honor dan bakti,” jelas Adrian.

Menurut dia, jumlah tenaga guru berbagai bidang studi sudah memadai dalam menunjang kelancaran tugas belajar mengajar. Sedangkan kebutuhan fasilitas utama, seperti perpustakaan, laboratorium sekolah dan beberapa fasilitas lainnya untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan, masih belum ada.

Adrian yang baru beberapa bulan menjabat Kepala SMPN 3 Bireuen, akan mengusulkan kepada dinas terkait untuk segera melengkapi fasilitas utama perpustakaan, laboratorium sekolah, ruang dewan guru, ruang kepala sekolah dan lapangan voli.

Diakui Adrian, selama ini pihaknya bersama dewan guru dalam mengemban tugas belajar mengajar, merasa kurang nyaman. Sebab, masih kekurangan fasiltas utama.

“Sangat aneh, jika suatu sekolah tidak memiliki fasilitas utama perpustakaan dan laboratorium sekolah, sebagai penunjang utama untuk meningkatkan mutu pendidikan,” ujar Adrian. (Abu Iskandar)