KABAR BIREUEN-Siswa Pecinta Alam SMA Negeri 2 Bireuen (SMANDA-PALA) angkatan 05 mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) selama lima hari (21- 25/12/ 2019), di lokasi wisata Krueng Simpo, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen.

Pembina kegiatan, Mulyadi S.Pd kepada Kabar Bireuen mengatakan, Kegiatan Diksar ini merupakan proses menuju kearah perubahan sikap dan tingkah laku siswa (peserta) dalam usaha mendewasakan diri, melalui upaya pengajaran dan pelatihan yang sedang mereka ikuti.

Selain itu, Diksar merupakan upaya untuk meregenerasikan generasi penerus yang akan menjadi yang dapat memahami tentang perlunya menjaga serta peduli terhadap lingkungan dan alam, terutama menjaga lingkungan diruang lingkup tempat mereka sekolah.

Pelaksanaan kegiatan Pendidikan Dasar ini, merupakan tahapan- tahapan awal yang harus diikuti oleh setiap siswa calon anggota yang akan bergabung dengan Lembaga Pencinta Alam, ujar Mulyadi.

Sementara itu Instruktur kegiatan, Safrizal ,S.Pd menjelaskan, pentingnya bagi para siswa mengikuti Diksar ini, supaya mereka dapat mencapai tujuan utama, yaitu perubahan perilaku setiap siswa (peserta) Diksar kearah sifat -sifat yang positif, seperti Kejujuran, Kedisiplinan, Ketabahan,

Kemudian, Persaudaraan, Tanggungjawab, Kreativitas, Mental, Semangat , Kemandirian, Kepercayaan diri, Kerendahan hati dan kearah perilaku yang lebih baik atau positif.

Peserta Diksar juga diberi pembekalan terhadap dasar-dasar ilmu kecintaan terhadap alam, seperti Navigasi Darat, Survival, Climbing , Konservasi. Arung Jeram dan P3K, materi ini akan menjadi modal dasar bagi siswa pecinta alam.

“Semoga apa yang telah didapati dalam pendidikan dasar ini, dapat diterapkan kedalam lingkungan mereka masing-masing,” harap Safrizal. (Herman Suesilo)

 

 

BAGIKAN