Kodim 0111/Bireuen bantu bersihkan lokasi Karantina Covid-19 di UPTB Batee Geulungku, Pandrah

KABAR BIREUEN-Komando Distrik Militer 0111/Bireuen (Kodim 0111/Bireuen) turut serta membantu Pemerintah Kabupaten Bireuen, dalam penanganan wabah Virus Corona atau Covid -19.

Bantuan tersebut diwujudkan dengan penyiapan lokasi Karantina Covid-19 Kabupaten Bireuen di Unit Pelatihan Teknis Badan (UPTB) di Desa Cot Batee Geulungku, Kecamatan Pandrah Kabupaten Bireuen.

Hal ini dikatakan Dandim 0111/Bireuen Letnan Kolonel Zainal Abidin Rambe,S.Sos, Selasa (31/3/2020).

Penyiapan tempat Karantina ini, katanya, sebagai salah satu langkah yang diambil Satgas Gugus Percepatan Penanganan Covid 19 di Kabupaten Bireuen untuk mencegah penyebaran virus di kalangan masyarakat.

“Karena disinyalir banyak masyakat Bireuen yang bekerja di luar kota dan luar negeri balik ke kampungnya .Tempat Karantina ini akan disiapkan sarana medis dan sarana lainnya. Apabila masyarakat yg dikarantina terpantau tidak terpapar virus corona maka akan dikembalikan ke rumah masing masing,” jelas Dandim.

Dikatakannya, penyiapan lokasi karantina ini sebagai tindak lanjut dari perintah Komando Atas untuk mempersiapkan diri dari segala kemungkinan yang terjadi.

Serta sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran virus corona, baik kepada Prajurit TNI di wilayah Kodim 0111/Bireuen maupun kepada warga masyarakat sipil.

“Dalam penanganan wabah Corona ini perlu kolaborasi semua pihak. Untuk itulah TNI dalam hal ini Kodim 0111/Bireuen berupaya turut membantu pemerintah daerah,” katanya.

Dandim 0111/Bireuen meminta kepada prajurit serta masyarakat di Kabupaten Bireuen untuk tidak panik terkait merebaknya Covid-19. Selain itu meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan berita hoak terkait dengan virus Corona.

Dia mengimbau kepada prajurit agar selalu melakukan pola hidup sehat, misalnya kelola stres, jaga kebersihan, konsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur, menganjurkan kepada prajurit dan masyarakat untuk menggunakan masker apabila batuk atau pilek, mengkonsumsi makanan bergizi .

“Mari kita bersama- sama melakukan apa yang telah dihimbau pemerintah dalam penanganan Covid- 19. Yang lebih utama, sebaiknya kita sesering mungkin melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun atau disinfektan,” pungkas Dandim Letkol Zainal Abidin Rambe. (Ihkwati)

BAGIKAN