KABAR BIREUEN – Pemerintah Gampong Cot Girek, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, mengadakan berbagai perlombaan dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78.

Masyarakat gampong tersebut begitu antusias menyaksikan beberapa perlombaan yang dilaksanakan selama sehari penuh dari pagi hingga sore hari. Memperebutkan hadiah untuk masing-masing juara, dari tingkat anak-anak, remaja hingga dewasa.

Keuchik Cot Girek, Tgk Muslim Husein, Selasa, (22/8/2023), kepada wartawan, mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka perayaan hari kemerdekaan RI ke-78. Di samping itu, ini bisa menjadi ajang merajut kekompakan dan kebersamaan sesama masyarakat.

“Kegiatan yang kita laksanakan ini bukan hanya untuk meningkatkan rasa cinta kepada negara saja, namun juga menambah rasa kebersamaan serta kekompakan antara sesama warga,” jelas Keuchik Muslim.

Menurut Muslim, lomba-lomba tersebut memaknai perjuangan dahulu dalam merebut kemerdekaan. Begitulah pahlawan-pahlawan Indonesia dulunya berjuang dengan susah payah saat mengusir penjajah Belanda. Sehingga, saat ini seluruh masyarakat bisa merasakan hidup tenteram, damai dan merdeka.

Dirincikannya, perlombakan-perlombaan itu antara lain, lomba makan kerupuk, lomba bawa kelereng, lari karung yang diikuti anak anak, mulai tingkat TK, SD dan SMP. Khusus untuk tarik tambang, diikuti siswa tingkat SD dan SMP.

Sedangkan perlombaan untuk orang dewasa, hanya tarik tambang yang diikuti para perempuan dewasa dan kaum ibu-ibu.

“Begitu juga dengan laki-laki dewasa, mereka juga ikut tarik tambang antar dusun,” papar Tgk Muslim. (Red)