KABAR BIREUEN – Tanpa terasa, dua Tim Safari Ramadhan Pemkab Bireuen yang mengunjungi 17 mesjid dalam Kabupaten Bireuen, telah berakhir di Mesjid Mujahidin Gampong Geudong-Geudong, Kecamatan Kota Juang, Jumat (30/4/2021) malam.

Kunjungan terakhir dua tim Safari Ramadhan yang dipimpin Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH., M.Si dan Sekdakab Ir Ibrahim, M.Si bersama tim turut menyerahkan santunan untuk 25 anak yatim. Masing-masing anak yatim menerima Rp100 ribu dan bantuan untuk mesjid sebesar Rp5 juta yang diterima Imum Chiek Mesjid Mujahidin, Tgk Zulfikri H Muhammad Kasem.

Bupati Muzakkar A. Gani dalam sambutannya, menyampaikan penghargaan kepada unsur Muspika Kecamatan Kota Juang dan perangkat gampong setempat yang telah menyambut kedatangan kedua tim, untuk berbuka puasa bersama dan shalat tarawih berjamaah.

Masyarakat Geudong-Geudong diminta untuk selalu harmonis sesama warga dan menjaga kesehatan, guna mencegah Covid-19. Harus taat kepada protokoler kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

“Sehingga kita dapat terus melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dan ibadah Tarawih hingga malam-malam kemuliaan (Lailatul Qadar). Mari kita doakan kepada Allah SWT agar kita semua diberi kesehatan dan dapat bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan tahun mendatang,” ajak Bupati Muzakkar.

Bertindak sebagai iman Tarawih Tgk Bahagia Hadi, S.Pd.I. Pembawa acara Mursyidin, S.Sos dan penceramah Ramnadhan, Tgk Razali Ismail.

Dalam reramah singkatnya, Tgk Razali Ismail menyampaikan, malam ini kita sudah memasuki 18 Ramadhan (malam kemuliaan) Lailatul Qadar, hanya diturunkan Allah SWT dalam bulan Ramadhan suatu malam yang lebih mulia dari seribu bulan.

Al Qurannul Qarim diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW Lailatul Qadar sebagai pengukuhan beliau sebagai pengemban risalah Allah, berupa tugas suci dalam menyebarkanluaskan ajaran Islam kepada umat manusia.

Dikatakannya, pada malam Lailatul Qadar ribuan malaikat turun ke bumi dengan izin Allah dan berdoa mengumandangkan permohonan ampunan kepada Allah untuk manusia.

Tgk Rusli Ibrahim, salah seorang warga Gampong Geudong-Geudong dalam percakapan dengan Kabar Bireuen di sela-sela kegiatan tersebut, mengatakan, Safari Ramadhan ini memiliki makna tersendiri dalam meningkatkan hubungan silaturrahim antara Pemkab Bireuen dengan rakyatnya.

“Selain itu memiliki kesan yang tidak terlupakan bagi para anak yatim dalam mendapat santunan bagi mereka, ini adalah suatu kepedulian khusus kepada anak yatim dalam Kabupaten Bireuen,” ujar Tgk Rusli Ibrahim. (H. AR Djuli)