KABAR BIREUEN-Rangkang Sastra mendonasikan sebanyak 240 buku untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen, Senin (30/04/2020).

Buku bacaan anak itu diserahkan oleh Novi, selaku Pimpinan Umum Rangkang Sastra.

Buku bacaan ini berasal dari hibah KPK yang dikelola oleh Novi yang merupakan alumni Teacher Super Camp KPK tahun 2016 di Bali.

Ini menjadikan Rangkang Sastra sebagai donatur buku bacaan untuk menambah koleksi buku bacaan di perpustakaan daerah.

Kunjungan Rangkang Sastra tersebut dalam rangka silaturahmi dengan Dinas terkait. Tim Rangkang Sastra diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipa Bireuen, Jufliwan, S.H., M.M di ruang kerjanya.

Secara singkat Kadis berdialog singkat dengan tim Rangkang Sastra.

Rangkang Sastra yang merupakan lembaga seni dan sastra dengan gerakan literasinya.

Sastra itu sangat luas cakupannya dan sastra itu bermuara kepada perpustakaan, karena di perpustakaanlah karya-karya sastra dipajang untuk dibaca.

Ketua Rangkang Sastra, Andri Kurniawan menyebutkan, selain bersilaturrahmi, dalam kesempatan itu pula dilakukan penandatanganan MoU antara Rangkang Sastra dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bireuen.

:Salah satu poinnya adalah Rangkang Sastra bersedia menjadi Relawan Literasi dan menjadi bagian dari kampanye literasi dibawah dinas,” ujarnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Jufliwan mengucapkan ribuan terima kasih kepada Rangkang Sastra karena bersedia menjenguk dan mengunjungi perpustakaan daerah ini.

Ini, katanya, agar menjadi dorongan kepada anak muda lainnya untuk mau berkunjung dan membaca buku.

“Kita berharap agar gerakan literasi di Kabupaten Bireuen bisa meningkat dengan adanya kerjasama ini,” sebut Jufliwan.

Sebelum menyudahi kunjungan, sejumlah pengurus Rangkang Sastra membuat kartu anggota perpustakaan untuk dapat meneruskan gerakan literasi ini dan menyebarkannya kepada sekitar.(Ihkwati)

BAGIKAN