KABAR BIREUEN – Berkat prestasi yang diraih di lembaga pendidikan Dayah yang berbeda, dua santri asal Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen , Zulfajri Bukhari dan Lutfi Husni mendapat hadiah umrah dari Dinas Pendidikan Dayah Aceh dan Bupati Langkat , Sumatera Utara.

Tgk. Zulfajri Bukhari ( 23 ) yang berangkat pada 12 Desember 2019, adalah putera Desa Leubu Mesjid merupakan santri kelas delapan Dayah Al – Madinatuddiniyah Babussalam Putra, Blang Bladeh Bireuen berhak atas hadiah umrah setelah menerima hadiah Santri Award kategori Santri Yatim Berprestasi yang diselenggerakan Dinas Pendidikan Dayah Aceh pada bulan Desember lalu.

Tiket umrah dari pemerintah Aceh yang didapati Zulfajri ini juga diperoleh oleh empat santri lainnya, Ahmad Juzuli dan Tgk.Maksalmina dari Mudi Mesra Samalanga dalam Kategori Teungku Dayah Penulis Kitab dan Aneuk meudagang multi Talenta.

Sedangkan dua lainnya kategori santri inspiratif adalah, Tgk. Muhammad Siddiq dari Dayah Ulee Titi, Aceh Besar dan Minatul Maula dari Dayah MUQ Pagar Air, Aceh Besar.

Sementara satu putera Makmur lainnya, Lutfi Husni ( 14 ) dari Desa Pandak adalah santri Dayah Al – Husniyah Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara sukses mendapat hadiah ibadah umrah setelah berhasil meraih juara pertama Hafalan sanad Hadist Matan Arbain pada lomba hari santri di Langkat, pada Oktober 2019 lalu.

Dengan keberhasilannya, dia bersama lima santri lainnya menerima hadiah umrah dari Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin yang keberangkatannya dilaksanakan 14 Desember 2019 lalu.

Terkait keberhasilan kedua putera Makmur tersebut, Keuchik Desa Pandak, Azharuddin saat menjemput kepulangan Lutfi kepada Kabar Bireuen melalui seluler dari Bandara Kualanamu, Medan, Jumat ( 27/12/2019) menuturkan, keberangkatan umrah berdasarkan prestasi di lembaga pendidikan dayah yang diraih dua santri Makmur tahun ini hendaklah menjadi pemicu bagi santri lainnya untuk terus mendalami ilmu dan meraih juara baik didalam maupun event yang ada diluar dayah.

“Kita harapkan kedepan akan lahir santri- santri lainnya yang berprestasi dan bisa menikmati hadiah umrah juga seperti mereka,” kata Keuchik Din. (Faisal Ali)

BAGIKAN