KABAR BIREUEN – Tgk.Khairul Fajri Bin Ibrahim (21) putra kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen asal Gampong Kuta Barat berhasil menyabet juara tiga lomba pidato Online Se- Aceh memperebutkan hadiah senator Aceh, H.Facrul Razi, MIP yang berlangsung mulai 18-26 Ramadhan lalu.

Keberhasilan Tgk.Khairul Fajri,Santri Madinatuddiniyah Babul Huda, Paloh Gadeng, Aceh Utara ini berada diperingkat ketiga setelah pidato berdurasi 5 menit dengan judul ” Sikap Seorang Muslim Menghadapi Wabah Bencana dan Covid – 19″ menarik perhatian dewan juri.

Tgk.Khairul Fajri yang ditemui Kabar Bireuen di Warkop Boh Hate, Krueng Mane, Aceh Utara, Selasa ( 26/5/2020) mengatakan, untuk mengikuti lomba tersebut, peserta harus mempersiapkan video rekaman pidato sesuai dengan ciri khas masing- masing yang hasilnya di upload ke youtube Frazi TV.

“Kualitas dan kreativitas video menjadi penilaian khusus bagi panitia,” jelas Tgk.Khairul.

Untuk proses pengambilan video, santri kelas lima dayah Abu Mustafa ini memilih lokasi latar di Masjid Ridha, Cot Keutapang, Kecamatan Jeumpa, Bireuen .

Bagi Tgk.Khairul Fajri, kegiatan semacam ini tidak asing lagi, motivasi mengikuti lomba ini hanyalah untuk mencari pengalaman sambil mengasah kemampuan untuk bersaing dengan teman- teman di seantero Aceh.

“Motivasi saya adalah untuk mencari pengalaman sambil menguji kemampuan untuk bersaing dengan dai- dai se- Aceh,” terang Tgk.Khairul.

Sejak mondok di Dayah , Khairul selalu memperoleh juara 1 lomba pidato, sehingga dia tidak diizinkan lagi mengikuti lomba.

“Ini untuk memberi kesempatan kepada santri lainnya,” kata Khairul.

Selain di lingkungan dayah , putra ketujuh Almarhum Ibrahim Ajad ini juga pernah menjadi juara dua lomba pidato antar dayah kabupaten Bireuen dan Aceh Utara yang berlangsung di Dayah Budi Al-Mukhtari Matangglumpangdua, Bireuen.

Bakat orator yang dimiliki mantan santri Dayah Istiqamatuddin Raudhatussalam Serambi Aceh, Leubu Mesjid ini juga pernah menjajal aroma seleksi pentas” Aksi Indosiar” pada tahun 2019.

Menurutnya, pada saat itu dia sukses melewati sejumlah tahapan tes Aksi Indosiar di tingkat provinsi Aceh.

” Saya lewat seleksi di tingkat provinsi di Banda Aceh,” jelas Tgk.Khairul Fajri.

Kemudian bersama teman dai lainnya berangkat ke Medan untuk tahapan seleksi menuju Jakarta, namun keberuntungan belum berpihak kepadanya.

“Saya kalah bersaing di Medan, sehingga gagal berangkat ke Jakarta,” ujar Khairul.

Diakhir pembicaraan dengan Kabar Bireuen, Dai muda ini merencanakan untuk ikut kembali pada seleksi aksi Indosiar dan berharap bisa tembus ke Jakarta.

“Saya akan ikut lagi seleksi aksi Dai di Indosiar, semoga dapat lolos ke ibukota,” Pungkas Dai Muda ini.

Untuk juara pertama lomba ini diraih oleh Ridha Maulana dan juara dua, Saskia Putri

Kepada pemenang panitia memberikan hadiah uang , untuk juara pertama Rp 1 juta, juara dua Rp.750.000 dan juara tiga Rp.500.000 serta sertifikat.(Faisal Ali)

BAGIKAN