KABAR BIREUEN-Program Bu Gateng untuk ibu hamil sudah mulai digelorakan di wilayah Kabupaten Bireuen, di Kecamatan Peusangan program ini sudah mulai dilaksanakan.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari launching program Bu Gateng oleh Wakil Bupati Bireuen pada saat peringatan hari Kesehatan Nasional, Desember 2019 yang lalu.

Disela-sela kegiatan di Gampong Matang Sago, Kamis (13/2/2020), Camat Peusangan Kabupaten Bireuen, Erry Seprinaldi, SSTP,. S. Sos,. M.Si, kepada Kabar Bireuen, mengatakan, di beberapa gampong dalam Kecamatan Peusangan, program Bu Gateng ini, sudah mulai dilaksanakan.

Program Bu Gateng, merupakan salah satu upaya Pemerintah Gampong untuk mencegah stunting.

Posyandu bekerjasama dengan PKK gampong memastikan memberi makanan yang sehat dan bergizi untuk para ibu hamil yang hadir bersamaan pada saat kegiatan posyandu di gampong masing-masing.

Selain pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan konsultasi terkait kesehatan janin dan kandungan, juga diberikan menu isi piringku yang dikenal dengan istilah program Bu Gateng.

Dijelaskan, isi dari Bu Gateng ini berupa nasi, ikan, telur, daging, ayam, sayur dan buah, ini semata-mata dilakukan untuk memastikan agar gizi ibu yang sedang hamil dan janin yang di dalam kandungan mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi.

Menurutnya, stunting itu hanya bisa dicegah sehingga kita harus memastikan anak-anak kita mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi dari 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) terhitung dari mulai ada janin dalam kandungan ibu sampai dengan usia anak 2 Tahun.

Untuk itu dihimbau kepada seluruh para orang tua agar memastikan anak-anaknya pada usia 1000 HPK ini mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi.

“Kita berharap pemerintah gampong mau dan komitmen untuk melaksanakan program Bu Gateng ini, karena terkadang masih ada ibu hamil yang tidak makan makanan yang sehat dan bergizi seperti buah dan sayuran serta ikan dan daging, dikarenakan ketidak mampuan dari segi ekonomi,” jelasnya.

Dikatakan, Anak-anak akan mau makan ikan , sayur dan buah apabila dari kandungan sudah mulai merasakan dari yang dimakan oleh ibunya ketika sedang hamil.

“Semoga upaya pencegahan stunting seperti cukupi gizi, lengkapi imunisasi dan perbaiki sanitasi bisa dilaksanakan secara maksimal dalam rangka untuk menurunkan angka stunting di wilayah kita masing-masing,” ujar Erry Seprinaldi.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cot Ijue Mahdi, SKM membenarkan bahwa semua gampong udah mulai untuk mensukseskan program Bu Gateng ini.

Diantaranya, Gampong Cot Bada Baroh sudah dibagikan 10 paket Bu Gateng hari ini. Seuneubok Rawa ada 4 paket.

“Pembagian paket sesuai dengan jumlah ibu hamil,” jelasnya. (Herman Suesilo).

BAGIKAN