Posko Tim Gugus Tugas Pencegahan percepatan covid-19 Dinkes Bireuen

KABAR BIREUEN–Sejak merebaknya virus corona di berbagai negara dan daerah di Indonesia, hingga Jum’at (27/3/2020)  masyarakat Kabupaten Bireuen, Alhamdulillah belum  ada yang positif terpapar virus corona (Covid-19).

“Kita semua terus berdoa kepada Allah SWT dan melakukan pencegahan agar masyarakat Kabupaten Bireuen terhindar dari serangan virus corona  yang sedang merebak di berbagai daerah di Indonesia,” sebut dr Irwan A Gani.

Hal itu dikatakan Plt Kadinkes Bireuen dr Irwan A Gani menjelaskan hal itu menjawab pertanyaan Kabar Bireuen di ruang kerjanya Jum’at pagi (27/3/2020).

Dikatakan, pihak Dinas Kesehatan Bireuen membuka Posko Tim Gugus Tugas Pencegahan percepatan covid-19 dan siaga penuh di halaman kantor Dinkes Bireuen.

“Hal ini untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat dan menerima laporan dari 20 Puskesmas di 17 kecamatan dalam Kabupaten Bireuen yang terus melakukan pemantauan terhadap 23 ODP (Orang Dalam Pemantauan) dalam wilayah kerja Puskesmas masing-masing,” ungkapnya.

Dikatakan Irwan,  dari 23 ODP tersebut, 4 diantaranya sudah melewati  batas 14 hari (sudah melewati masa aman), sisanya 19 ODP masih dalam pantauan.

Pihaknya terus melakukan pemantauan,  terutama kelompok yang beresiko Covid -19, seperti yang baru pulang dari luar negeri atau daerah-daerah terjangkitnya virus corona ke kampungnya.

Plt Kadinkes Bireuen dr Irwan A Gani

Dikemukakannya, hasil pemantauan tim Gugus Tugas 20 Puskesmas dalam Kabupaten Bireuen belum ditemukan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun masyarakat yang terjangkit virus corona.

Berkenaan dengan persediaan Alat Pelindung Diri (APD), tim medis Gugus Tugas di 20 Puskesmas terutama baju APD dan masker sudah diajukan kepada Dinas Kesehatan Aceh, namun hingga sekarang belum terpenuhi.

Pihak Kementerian Kesehatan memberikan prioritas utama mengirim APD ke seluruh rumah sakit daerah yang terparah terjangkitnya virus corona, dan pihak Dinkes Bireuen belum ada.

“Begitupun, kita akan terus berupaya terhadap pengadaan baju APD dan masker untuk kebutuhan tim medis 20 Puskesmas dalam jajaran Dinkes Bireuen agar dapat bertugas maksimal dalam menangani masyarakat yang sewaktu-waktu terjangkit virus corona,” jelas Irwan. (H.AR Djuli).

 

BAGIKAN