KABAR BIREUEN – Kabupaten Bireuen melalui Dinas Pendidikan Dayah membawa 20 peserta untuk mengikuti Musabaqah Qiraatul Kutup (MQK) atau lomba baca kitab kuning tingkat Provinsi Aceh yang berakhir, Senin (2/12/2019) malam.

Ddari 20 orang peserta tersebut, sebanyak 10 utusan Bireuen di ajang MQK itu mendapatkan juara dan Bireuen berada diurutan keempat.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Dayah Bireuen M. Jafar melalui Kabid Pembinaan dan Pendidikan Dayah, Dra Halimah dan Kasi Peningkatan Mutu Said Jamaluddin kepada Kabar Bireuen, Selasa (3/12/2019) mengatakan, Bireuen membawa 20 orang santri yang meraih juara satu pada masing-masing bidang lomba untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi Aceh.

Hasil perlombaan, ada 10 orang peserta dari Bireuen berhasil mendapatkan juara, adapun yang meraih juara yaitu Husaini dari Mudi Mesra, Samalanga meraih juara satu cabang hadist. Kemudian Boyhaqi Baihaqi juga dari Mudi Mesra, Samalanga meraih juara satu bidang akhlak

Lalu Mustafa dan Rizka Maulida dari Nurul Fata, Kutablang keduanya meraih juara dua lomba pidato bahasa Indonesia dan Aidul Fitria dari Mudi Mesra, Samalanga meraih juara dua cabang ushul figh

“Seterusnya, Awalu Zikri dari Ummul Ayman meraih juara harapan satu pidato bahasa Arab, Suhaimi dari Mudi Mesra Samalanga meraih harapan satu cabang tafsir dan Nadia Darun Naha Putri meraih harapan tiga cabang akhlak,” sebutnya.

Terakhir, Abrar dari Almadinatuddiniyah, Babussalam Putra, Blang Bladeh meraih harapan tiga dan Yusrita Babun Najah Putri, Jeunieb meraih juara tiga cabang tafsir.

“Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kemampuan peserta sendiri, dorongan orang tua, dayah tempat mereka belajar, kemudian kebersamaan dan pembinaanberkelanjutan,” katanya.

Semua peserta didampingi oleh DR. Nazaruddin,MA, Rusli, Zakiah dan Ustazah Akila dengan Oficial Said Jamaluddin dan Tgk Edi Saputra.

“Mereka telah mengharumkan nama Kabupaten Bireuen dalam perlombaan baca kitab kuning tahun ini dan berharap tahun depan akan lebih banyak peserta yang meraih juara,” ujarnya.  (Ihkwati)

BAGIKAN