KABAR BIREUEN – Guna memperkuat wawasan dan memantapkan penyelenggaraan pemerintahan, serta pembangunan desa di Pemerintah Gampong Matangglumpangdua Meunasah Dayah, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, digelar Bimbingan Teknis (Bimtek) atau Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Gampong kepada aparatur desa setempat, Kamis (24/12/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor keuchik tersebut dibuka Camat Peusangan, Ibrahim, S.Sos. Pematerinya, dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGPKB) Kabupaten Bireuen.

Bimtek ini diikuti para Kasi, Keurani Cut (Kaur), Peutua Dusun, TP-PKK Gampong, Ketua Posyandu, Pos KB Gampong, Ketua Pemuda/Karang Taruna, Operator Gampong, Imum Gampog, Tuha Peut dan Tuha Lapan serta Keurani Gampog (Sekdes).

Keuchik Matangglumpangdua Meunasah Dayah, Rifian Nurdin, dalam laporannya menyampaikan, Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Gampong ini pada hakikatnya bertujuan untuk memantapkan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa.

“Terlebih, saat ini semua desa dituntut harus mampu mengelola dana desa secara transparan dan akuntabilitas yang baik,” papar Rifian Nurdin.

Sementara Camat Peusangan, Ibrahim, S.Sos dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, berpesan kepada para keuchik dan aparatur gampong, untuk dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, agar materi yang didapat bisa diterapkan sesuai dengan tupoksi masing-masing.

“Dalam hal ini, pihak Kecamatan Peusangan sangat serius mendorong peningkatan kapasitas aparatur desa, dalam rangka pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa,” ungkap Ibrahim.

Menurut Ibrahim, pelatihan tersebut sebagai upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan SDM yang ada di Pemerintahan Gampong. Sebab, Pemerintah Gampong merupakan ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,

“Dengan digelarnya Bimtek ini, diharapkan para aparatur gampong dapat belajar juga tentang pengelolaan dana desa dengan baik,” jelas Camat Ibrahim.

Adapun narasumber atau pemateri pada pelatihan yang didanai dari dana desa ini yaitu M. Jamil, S.Pd (Kabid Pemerintahan, Kemukiman dan Gampong pada DPMGPKB Kabupaten Bireuen), Fauzi, SE (Kasubbag Tata Usaha UPTD Kecamatan Kota Juang pada DPMGPKB Kabupaten Bireuen) dan Azhar, S.Sos (Kasubbag Tata Usaha UPTD Kecamatan Juli pada DPMGPKB Kabupaten Bireuen).

Para peserta tampak antusias mengikuti pelatihan yang berlangsung selama sehari penuh tersebut. Apalagi, pelatihan ini juga diisi dengan sesi tanya jawab dan diskusi. (Suryadi)