KABAR BIREUEN – Dalam rangka memperingati HUT ke- 58, pramuka Kwarcab Bireuen melaksanakan aneka lomba untuk berbagai tingkatan, mulai dari Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak.

Acara berlangsung tiga hari, dimulai Jumat- Minggu 22-24 November 2019, dibuka Wakil Bupati Bireuen DR Muzakkar A Gani yang diwakili oleh kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bireuen, Drs Muhammad Nasir, M.Pd,  Sabtu (23/11/2019) pagi di lapangan Paya Kareung, Kecamatan Peusangan, Bireuen.

Dalam pidatonya, Muhammad Nasir antara lain mengatakan, tema hari pramuka ke 58 adalah Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI.

“Tema ini sangat tepat untuk menyikapi situasi dan dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini,” katanya.

Maraknya berbagai permasalahan yang dihadapi mulai dari penyalahgunaan narkoba, masih adanya tawuran, masih banyaknya intoleransi, hingga penggunaan media sosial yang dipenuhi ujaran kebencian, kabar bohong, dan pornografi yang harus ditanggulangi bersama.

“Gerakan pramuka yang menekankan pendidikan dan pembentukan karakter berperan sangat penting dalam menanggulangi masalah-masalah tersebut, termasuk dalam membentuk generasi muda Indonesia yang rela menolong, tabah, cinta tanah air, berani dan siap mempertahankan keutuhan NKRI berdasarkan pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Ketua panitia pelaksana, Efendi Sulaiman kepada Kabar Bireuen, menyebutkan acara tersebut diikuti 1.157 peserta.

“Kami di kwarcab berharap setiap sekolah untuk mampu mendidik adik-adik pramuka untuk dapat bersaing baik ditingkat nasional maupun internasional,” katanya. (Najib Zakaria)

BAGIKAN