Makam Sultan Malikussaleh.

KABAR BIREUEN – Setelah upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional ke-74 , dewan guru bersama 50 siswa MTsN 10 Bireuen, Ulee Gle, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen, berziarah ke makam Sultan Malikussaleh, di Desa Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Senin (25 /11/2019).

Kepala MTsN 10 Bireuen, H. Ziauddin, S.Ag kepada Kabar Bireuen mengatakan, ziarah ke makam Sultan Malikussaleh ini, sebagai pembelajaran bagi siswa tentang pendidikan sejarah Islam di Nusantara.

“Kita harapkan dengan ziarah ke situs sejarah Islam makam Sultan Malikussaleh pada hari guru ini, siswa dan juga guru lebih mengenal kembali tarikh perjuangan Islam,” kata Ziauddin.

Selain mengunjungi makam Sultan Malikussaleh, rombongan juga bersahaja melihat komplek makam Ratu Nahrisyah yang berada di Desa Kuta Krueng, kecamatan yang sama. Di sana, para guru dan siswa mendapatkan penjelasan lengkap tentang riwayat para syuhada oleh petugas makam, Tgk. Ramlan Yunus.

Komplek Makam Ratu Nahrisyah.

“Kami sangat berkesan dengan penjelasan tentang kisah perjalanan sejarah Islam Samudera Pasai ini,” ujar  Muhammad Roni, siswa kelas IX MTsN 10 Bireuen ini.

Di samping penjelasan secaralisan riwayat sejarah tersebut, petugas makam juga menyediakan buku sebagai bahan bacaan untuk setiap penziarah seharga 15 ribu rupiah. (Faisal Ali)