KABAR BIREUEN-Dalam rangka memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW 1441 H, masyarakat Gampong Dayah Blang Raleu, Kecamatan Jeunieb, Kabupaten Bireuen menggelar Rukon dan Rapai Hadrah pada Minggu, (17/11/2019) di halaman meunasah gampong setempat.

Nazaruddin, Keuchik Gampong Dayah Blang Raleu mengatakan apresiasi kepada para pemuda setempat, mereka sebagai motor penggerak suksesnya peringatan maulid tahun ini.

“Kekompakan dan partisipasi para pemuda gampong merupakan faktor suksesnya acara ini, mereka saling melengkapi disetiap bidang acara, saya angkat salut atas kegigihan semangat gotong royong anak-anak muda,” sebut Keuchik yang biasa dipanggil Bang Dek ini.

Sementara itu Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Gampong Dayah Blang Raleu yang diwakili oleh Tgk Muhammad Abdullah di sela-sela Acara berlangsung menyebut peringatan Maulid tahun ini sedikit lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya.

Kali ini panitia pelaksana mengadakan serangkaian acara kaloborasi seni budaya aceh, diantaranya, Rukon, Rapai Hadrah Mudi, selawat berzanji dan Santunan anak yatim,

Panitia pada malam hari H, menghadirkan Rukon, suatu seni budaya Aceh yang didalamnya terkandung pertanyaan dan jawaban hukum fiqih, Tauhid dan tasawuf yang disajikan dengan seni tarik suara memakai irama tertentu oleh dua kelompok.

“Panitia juga menghadirkan Rapai Hadrah Dayah Mudi Samalanga pada malam hari setelah hari H, dimana Rapai Hadrah adalah kaloborasi selawat menggunakan rapai sebagai musik penggring yang dibolehkan dalam agama,” jelas Tgk Muhammad Abon Dolah.

Selain itu lanjut Tgk Muhammad, kegiatan peringatan Maulid tahun ini bertujuan sebagai bentuk silaturahmi dan lebih mempererat ukhuwwah islamiah antara sesama warga Gampong Dayah Blang Raleu serta warga gampong lainnya.(Al Fadhal/Jurnalis Warga).

BAGIKAN