KABAR BIREUEN – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh menggelar Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) V Tahun 2021 Provinsi Aceh mulai 16-20 November 2021 di Kota Banda Aceh.

Pembukaan kegiatan dua tahunan ini digelar di Asrama Haji Embarkasi Aceh, Rabu malam, 17 November 2021. Sedangkan perlombaan akan digelar di delapan hotel dalam Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini diikuti 609 siswa-siswi jenjang SD, SMP, dan SMA perwakilan kabupaten/kota di Aceh.

Adapun cabang perlombaan dipertandingkan dalam ajang tersebut sebanyak 8 cabang perlombaan, di antaranya, MTQ Tingkat SD, SMP dan SMA/SMK Putra dan Putri, Pidato Tingkat SD, SMP dan SMA/SMK putra dan putri, Musabaqah Hifzil Quran Tingkat SD dan SMP Putra Putri, Cerdas Cermat Tingkat SD dan SMP, Kaligrafi Tingkat SMP, Nasyid Tingkat SMA/SMK, Debat PAI Tingkat SMA/SMK, dan Kreasi Busana Muslimah Tingkat SMA/SMK.

Kegiatan ini dilaksanakan berkat kerja sama antara Kanwil Kemenag Aceh dan Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh.

Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan penabuhan rapai oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr H Iqbal SAg MAg, Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Ir Iskandar Syukri MM MT, Kepala Dinas Syariat Islam Dr EMK Alidar, Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Aceh Dr Muntasyir.

Kakanwil Iqbal mengatakan, Pentas PAI merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap para siswa sekolah umum yang belajar Pendidikan Agama Islam di sekolah.

“Pentas PAI wujud penghargaan Kementerian Agama untuk anak kita yang belajar Pendidikan Agama Islam di sekolah umum di samping untuk menambah karakter yang baik dan menambah wawasan keagamaan bagi mereka sehingga saat mereka keluar sekolah berakhlakul karimah dalam mengurus bangsa,” kata Iqbal.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Ir Iskandar Syukri MM MT saat membuka kegiatan ini menyampaikan, Pentas PAI menjadi sangat penting untuk mengaktualisasikan ajaran agama.

“Pentas PAI menjadi penting dalam mengaktualisasikan nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya ini tidak lepas dari peran para guru yang terus mengajari anak-anak sebagai pemegang estafet kepemimpinan Islam di masa yang akan datang,” katanya. (Red)