KABAR BIREUEN-Pemerintah Kabupaten Bireuen, melalui Dinas Syariat Islam (DSI) Bireuen, gelar Peringatan Isra Mikraj
Nabi Muhammad SAW 1442 H/ 2021 M,

Kegiatan yang menghadirkan Ustadz Rahmat Baequni dari Bandung, sebagai penceramah, berlangsung di Masjid Agung Sulthan Jeumpa Bireuen, Rabu pagi, (10/3/2021).

Pada kesempatan itu, Bupati Bireuen Dr H Muzakkar SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan,
Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW Tahun 2021 ini dilaksanakan masih dalam suasana covid-19,

Untuk itu diharapkan kepada seluruh yang hadir agar dapat mengikuti protokol kesehatan.

“Diantaranya, cuci tangan atau menggantinya dengan berwudhuk, menggunakan masker dan menjaga jarak,” sebutnya.

Bupati berharap, kebiasaan berwudhuk bukan cuma ketika mau sembahyang, akan tetapi biasakan selalu berwudhuk agar  selalu bersih, sehat dan Allah SWT senantiasa menjaga dari segala macam wabah seperti yang sedang dialami saat ini.

Selain itu, bupati mengajak pegawai pemerintah untuk selalu berwudhuk ketika bekerja di kantor, bagi para guru dan ustaz/ustazah agar selalu mengajak siswa/siswi dan santrinya untuk berwudhuk ketika tiba di sekolah/ruang belajar.

Selanjutnya, Bagi Imum Syiek, Bilal dan Muazzin agar mengajak jamaahnya bukan cuma berwudhuk ketika masuk masjid, tapi selalu berwudhuk ketika meninggalkan rumah, ketika mau bekerja, ketika melakukan perjalanan, terus dalam keadaan berwudhuk sepanjang hari, sepanjang masa.

“Insyaallah Covid-19 akan hilang dari bumi Serambi Mekkah ini,” ujar Muzakkar.

Dijelaskan, dalam Peringatan Isra Mikraj ini kita boleh rindu kepada perjuangan Rasulullah SAW dengan meningkatkan kinerja bernilai ibadah, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Pemerintah Kabupaten Bireuen telah mengintruksikan kepada seluruh pegawai untuk menggunakan kain sarung dan baju koko putih pada setiap hari Jum’at.

“Kami juga sudah menginstruksikan seluruh Kepala SKPK untuk mengikuti pengajian setiap malam Kamis (Rabu malam) di Balai Pondopo Bupati, yang diasuh oleh Abon Muhammad Cot Tarom Pimpinan Dayah Darussaadah Kecamatan Jeumpa,” ungkapnya.

Selain itu, untuk mengikuti pengajian, baik yang dibuat oleh masing-masing unit kerja maupun yang diselenggaran oleh Dinas Syariat Islam di Mushalla Pusat Kantor Pemerintahan di Cot Gapu Bireuen setiap  Jumat pagi.

“Itu semua bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Bireuen saat ini untuk meningkatkan kinerja bernilai ibadah, semoga terus ditingkatkan,”  ungkap Bupati Bireuen.

Sebelumnya Kepala Dinas Syariat Islam Bireuen Anwar S.Ag, M.A.P melaporkan, Kegiatan yang dilaksanakan hari ini bertujuan, untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT melalui pembelajaran ilmu atau amal ibadah.

Kemudian, mempererat tali silaturrahmi antar ummat muslim tanpa melihat pangkat, jabatan dan golongan.

Serta untuk menumbuhkan sikap cinta kepada aturan aturan islam dan ajaran-ajaran Allah SWT terutama tentang ibadah shalat.

Kegiatan ini akan disyarahkan oleh Ustazd Rahmat Baiequni dari Kota Kembang Bandung.

Ustaz satu ini dikenal dengan sebutan “Ustaz Akhir Zaman.

Mudah-mudahan dengan kehadirannya dapat menambah khasanah baru kajian islam dengan metodelogi dakwah kontemporer.

“Silahkan ambil yang baiknya, buang semua kontroversinya. Alahamdulillah kita semua mendapat berkah dari Allah SWT,” katanya.

Kegiatan hari ini terlaksana atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Syariat dengan Yayasan Kita Peduli Berbagai (KPB) dari Kota Pekan Baru, Riau, yang sedang melakukan road show dan safari dakwah di Aceh bersama Perusahaan Maktabah, serta BKPRMI Pusat dan jajarannya di Aceh juga Kabupaten Bireuen dalam Program Waqaf Al-Quran “One Home One Al-Quran”.

Mudah-mudahan mendapat dukungan dan sambutan yang baik dari masyarakat di Kabupaten Bireuen.

Kegiatan ini bukan cuma dilaksanakan di Masjid Agung Sultan Jeumpa, tapi juga nanti digelar setelah shalat magrib berjamaah di Masjid Attaqwa Cot Gapu Bireuen.

Diharapkan, kepada seluruh jamaah agar tetap mematuhi protokol kesehatan. (Herman Suesilo)