KABAR BIREUEN – Para pedagang kecil Uroe Gantoe (hari pekan mingguan) di Kabupaten Bireuen sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang telah mencabut kembali pemberlakuan jam malam dan penutupan pasar uroe gantoe (Pekan Mingguan) di Aceh.

Ainal Mardhiah, (60) dan beberapa pedagang kecil uroe gantoe (Hari Pekan Mingguan) di Bireuen yang ditemui di pasar uroe gantoe Peudada, Rabu (8/4/2020) mengatakan, Rabu pekan lalu ada pemberitahuan Haria Pasar semua pedagang kecil tidak boleh berjualan lagi setiap hari pekan.

Pada Minggu (4/4/2020) Plt Gubernur bersama unsur Forkopimda Aceh telah membahas  dan mencabut kembali  pemberlakuan jam malam dan membuka kembali pasar uroe gantoe.

“Kami para pedagang  kecil uroe gantoe yang telah seminggu lebih merana tidak berjualan Alhamdilillah mulai minggu malam (4/4^2020) sudah bisa berjualan di malam hari dan berjualan pada setiap hari pekan mingguan (urou gantoe),” sebutnya.

Jam malam yang berlakukan itu tujuannya juga bagus untuk mencegah penyebaran virus corona kepada masyarakat, namun berdampak juga bagi masyarakat, terutama pedagang kecil.  

“Pemberlakuan jam malam dan penutupan pasar Uroe Gantoe yang berlangsung seminggu lebih, dapur di rumah kami tak berasap. Karena selama itu tak bisa berjualan sehingga selama seminggu kami nyaris kelaparan,” ujar Ainal Mardhiah.

Meskipun pasar hari pekan mingguan sudah mulai dibuka kembali, namun  lantaran saat ini sedang menghadapi wabah penyebaran virus corona, omzet penjualan di pasar mingguan, Rabu (8/4/2020) menurun drastis dibandingkan omzet sebelumnya.

Akibatnya, belum dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari akibat dampak virus corona.

“Kami sudah seminggu lebih terpaksa pajoh pade bijeh lantaran  hasil penjualan anjlok, terpaksa makan modal dan tidak memiliki modal lagi unuk membeli bahan-bahan  dagangan untuk dijual,” ungkapnya.

Karena itu, pedagang kecil sangat mengharapkan Pemerintah Aceh dan Pemkab Bireuen agar dapat membantu modal usaha pedagang kecil yang terkena  dampak virus corona agar dapat bangkit kembali menjalankan usaha kecil untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari selama ini semakin sulit.

“Namun kami tetap bersabar kita semua sedang dihadapkan dengan bala virus corona harus berdoa kepada Allah agar terhindar dari wabah virus corona. Semoga Pemerintah Aceh dan Pemkab Bireuen diharapkan dapat membantu modal usaha kecil melalui Baitul Mal Bireuen,” harap Ainal Mardhiah. (H.AR Djuli).

BAGIKAN