KABAR BIREUEN – Keuchik Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh H Ridwan Aziz,SH membuka MTQ V antar santri Balai Pengajian Desa Pulo Ara Geudong Teungoh  diselenggarakan di meunasah  gampong setempat, Minggu malam (1/12/2019).

Keuchik Ridwan Aziz dalam sambutannya mengatakan, penyelengaraan MTQ V antar santri Balai Pengajian di Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh yang dilaksanakan setiap tahun untuk menyemarakan peringatan  Hari Besar Islam Maulid penghulu Alam Nabi Besar Muhammad SAW.

Disamping itu program Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh yang sangat penting penyelengaraan MTQ antar santri Balai Pengajian yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun untuk melahirkan generasi Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh sejak dini menjadi generasi yang Qur’ani

Dikatakan, Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh yang dipimpinnya terdiri dari empat dusun, yaitu Dusun Damai, Dusun Sejahtera, Dusun Bahagia dan Dusun Geudong Teungoh berpenduduk 4.700 jiwa lebih.

“Saat ini Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh memiliki tujuh Balai Pengajian, empat Balai Pengajian diantaranya di Dusun Damai, satu di Dusun Sejahtera, satu di Dusun Bahagia dan satu di Dusun Geudong Tengoh,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Aziz, menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada para pimpinan Balai Pengajian yang telah berperan aktif membina pengajian ilmu Agama Islam kepada putera-puteri warga Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh agar menjadi generasi yang Islami.

Selain itu Keuchik juga menyampaikan pengahargaan kepada para orang tua yang sangat antusias dalam mendidik putera-puterinya dibidang pendidikan umum dan pendidikan agama melalui Balai-Balai  Pengajian di Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh.

“Saya berharap kepada para peserta agar dapat mengikuti perlombaan MTQ tingkat desa dengan baik untuk menjaring kader-kader yang handal  untuk mengikuti MTQ tingkat Kecamatan nanti,” katanya.

Ketua Panitia Penyelenggara Muhamad S Pd dalam laporannya melaporkan, penyelengaraan MTQ ke-V antar santri Balai Pengajian diikuti 79 peserta berasal dari sembilan   kafilah Balai Pengjian Dusun Damai, Dusun Bahagia, Dusun Sejahtera dan Dusun Geudong Teungoh.

Dikatakan, ke 79 peserta akan mengikuti lima cabangMTQ yang diperlombakan, berlangsung 1 – 4 Desember 2019, masing-masing Cabang Tilawah tingkat remaja putera-puteri  18 peserta,  cabang Tahfid Qur’an kanak-kanak putera-puteri 17 peserta, cabang Pidato tingkat remaja putera-puteri 17 peserta, cabang Azan kanak-kanak putera 9 peserta, dan Cabang Khattil Qur’am (Kaligrafi) kanak-kanak dan remaja, putera-puteri.

Pembukaan MTQ antar santri Balai Pengajian Desa Pulo Ara Geudong Teungoh diakhiri dengan pembacaan doa disampaikan Imam Pulo Ara Tgk Ulil Amri. MTQ malam pertama diawali dengan lomba Tilawah kanak-kanak dan remaja putera-puteri. (H.AR Djuli)

BAGIKAN