KABAR BIREUEN—Musabaqah Tilawati Quran (MTQ) Tinggat Kemukiman Teungku Tanoh Mirah yang digelar di Masjid Al-Ikhsan Alue Peuno, Kecamatan Peusangan, Bireuen, berakhir pada Sabtu (13/3/2021) dinihari.

Ajang seleksi tersebut berhasil meloloskan sembilan peserta putra dan putri yang akan dikirim mengikuti MTQ Tingkat Kecamatan Peusangan.

“Alhamdulilah, dari MTQ tingkat kemukiman ini kita berhasil menyaring 9 putra-putri terbaik yang kita siapkan untuk mengikuti MTQ Peusangan, yang rencananya digelar sejak 24 Meret 2021,” sebut Tgk Salahuddin, Mukim Teungku Tanoh Mirah.

Salahuddin menjelaskan, peserta yang disiapkan untuk MTQ tingkat kecamatan itu merupakan juara pertama putra-putri di masing-masing jenjang yang diperlombakan pada MTQ Tingkat Kemukiman Tanoh Mirah.

“Mereka yang akan kita kirim nanti masing-masing untuk cabang tartil putri, tilawah anak-anak putra-putri, tilawah remaja putra-putri dan tilawah dewasa putra-putri, serta cabang tahfiz anak-anak putra-putri,” paparnya.

Dewan Juri MTQ Tingkat Kemukiman Teungku Tanoh Mirah yang diketuai Drs Syarifudin MPd menempatkan sembilan peserta yang berhasil meraih nilai tertinggi pada semua cabang yang diperlombakan.

Mereka yang terpilih yakni Rifatul Azka untuk Cabang Tartil Anak Putri, Rifaul Muzammil (Tilawah Anak Putra), Mawaddatunnisah (Tilawah Anak Putri), M Zahri (Tilawah Remaja Putra), dan Aninda Nurul (Tilawah Remaja Putri).
Kemudian Amrizal untuk Cabang Tilawah Dewasa Putra, Juliani (Cabang Tilawah Dewasa Putri), serta Gaza Afriadi (Tahfiz Putra) dan Naziratul Nabila (Tahfiz Putri).

Sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Tingkat Kemukiman Tanoh Mirah, kali ini Gampong Alue Peuno hanya mampu meloloskan satu peserta ke MTQ Tingkat Kecamatan Peusangan.

“Kali ini hanya satu wakil kita yang lolos ke MTQ kecamatan, yakni Gaza Afriadi di Cabang Tahfiz. Mohon doa dan dukungannya, semoga bisa mengharumkan nama Alue Peuno di ajang tersebut,” kata Keuchik Alue Peuno, Zulfa Amir.

Sementara itu, Gaza Afriadi mengaku sangat bersyukur karena dalam bulan ini tampil sebagai juara di dua ajang MTQ untuk kategori berbeda.

“Dalam aneka lomba di sekolah pekan lalu, Gaza terpilih sebagai juara pertama cabang tilawah. Alhamdulillah, malam ini Gaza terpilih sebagai juara di cabang tahfiz,” sebut Gaza yang merupakan putra wartawan senior di Aceh, Ariadi B Jangka.(REL)