KABAR BIREUEN– Peningkatan Budaya Mutu sekolah melalui Penguatan pembelajaran yang bermutu, penguatan pendidikan karakter, gerakan literasi, Program kesehatan siswa harus dimulai dari ruang kelas.

Disamping perbaikan sarana prasarana dan penataan manajemen yang baik terus dilakukan oleh pemerintah dan sekolah.

Untuk mengoptimalisaisi dan memotivasi kinerja tersebut, SD Negeri 28 Peusangan melaksanakan Lomba Budaya Mutu (LBM) kelas dalam rangka mewujudkan kelas yang memiliki budaya mutu dalam memberi pelayanan prima dan menjadi Benchmark (patok duga) bagi sekolah serta jadi acuan bagi pembinaan sekolah.

Pelaksanan kegiatan ini dilaksanakan Jumat (6/12/2019) lalu, dengan melibatkan Tim juri dari Pengawas Pembina, unsur Dinas Pendidikan yaitu UPTD Peusangan, Petugas Kesehatan Puskesmas Peusangan dan tenaga profesional dari sekolah mitra.

Penilaian LBM Ini meliputi komponen budaya mutu secara konprehensif ( Whole class assessment) sehingga penilaian lebih terpadu yang meliputi: Proses Belajar- Mengajar, Administrasi pembelajaran Wali kelas, Kebersihan Kelas, Dekorasi Kelas dan kebersihan Kelas.

Kepala SD Negeri 28 Peusangan, Alfian, M.Pd menyebutkan, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan diadopsi dari kegiatan LBM nasional dengan 14 kelas sasaran.

Ini, katanya, salah satu upaya sekolah dalam melalukan penjaminan mutu sekolah yang dilaksanakan oleh setiap kelas untuk menjamin terwujudnya pendidikan bermutu yang memenuhi atau melampaui standar pendidikan nasional sesuai PP 19 tahun 2005 SNP dan permendikbud nomor 28 tahun 2016 tentang Sistem penjaminam mutu sekolah dasar dan menengah melalui kegiatan SPMI.

“SD Negeri 28 Peusangan merupakan sekolah binaan LPMP Aceh selama 2 tahun dalam program sekolah model dan Pendampingan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga kabupaten bireuen melalui bidang pembinaan SD,” sebut Alfian.

Persiapan lomba dimulai sejak awal November 2019 Lalu dan dinilai padai Jumat, 3 Desember 2019.

Pemenang lomba yang terdiri dari juara Umum (whole class) 1,2, 3 dan juara 1,2 dan 3 di setiap komponen lomba artinya semua kelas mendapat juara menurut keunggulan masing masing kelas yang disesuaikan dengan komponen penilaian.

Setiap Juara mendapat hadiah berupa tropi, sertifikat, uang pembinaan dari sekolah dan bingkisan menarik dari Komite sekolah. (REL)

BAGIKAN