SURYADI (Pemimpin Redaksi Kabar Bireuen)

HARI ini, Sabtu, 17 April 2021, begitu berarti dan istimewa bagi kami segenap keluarga besar Kabar Bireuen. Maklum, empat tahun lalu atau tepatnya pada 17 April 2017 silam, kami memproklamirkan lahirnya Kabar Bireuen ke dunia ini.

Kini, empat tahun sudah usia Kabar Bireuen. Secara perlahan-lahan, media yang berbasis di Bireuen ini terus bergerak dinamis di tengah gelombang transformasi teknologi yang mengubah wajah industri media massa.

Tak dapat dipungkiri, seleksi alam terhadap industri surat kabar pun tampak begitu kejam. Ada yang mati, sekarat dan juga hidup segan mati tak mau. Apalagi, di tengah hantaman pandemi Covid-19.

Seperti yang dialami hampir semua entitas perekonomian sekarang ini, media massa juga merasakan dampak ekonomi yang berat akibat ekses virus mematikan itu. Namun, dengan segala keterbatasan, Kabar Bireuen tidak ingin mati muda begitu saja. Kami tetap berusaha bertahan, untuk memenuhi kebutuhan informasi yang berkualitas bagi masyarakat.

Di tengah pandemi Covid-19, kepercayaan publik terhadap informasi yang disampaikan media massa arus utama, memang cenderung membaik. Momentum ini perlu dijaga, dengan menerapkan jurnalisme yang teguh pada disiplin verifikasi dan kode etik, serta berpihak kepada kebenaran. Sebab, masyarakat memerlukan jurnalisme yang sehat, sebagai pemandu pengambilan keputusan.

Kita sadari, media massa memang memiliki fungsi penting dalam komunikasi massa. Dia sebagai penyalur aspirasi dan pendistribusi nilai-nilai yang diwariskan dari satu generasi ke generasi lainnya. Media juga sebagai jendela yang memungkinkan khalayak menyaksikan dan memahami apapun yang terjadi pada ruang dan waktu yang berbeda.

Karena itu, kini pers tidak hanya menjadi “anjing penjaga”, tapi juga sebagai sumber inspirasi, penuntun nilai-nilai luhur kemanusiaan dan teman demokrasi terbaik. Kabar Bireuen akan terus berupaya menjaga peran-peran tersebut.

Ulang tahun Kabar Bireuen kali ini, memang tidak dapat kami rayakan sebagaimana biasanya. Sebab, milad kali ini jatuh pada bulan puasa. Namun, sangat bersyukur di bulan penuh maghfirah ini, bisa kami gunakan sebagai momen introspeksi diri, agar lebih baik lagi ke depan.

Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pembaca setia Kabar Bireuen di mana pun berada. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada mitra kerja, narasumber dan seluruh stakeholders.

Kepada seluruh tim Kabar Bireuen, terima kasih sangat dalam kami sampaikan. Kami bangga dan salut atas kerja keras dan dedikasi rekan-rekan selama ini dalam membesarkan Kabar Bireuen.

Mohon maaf jika masih ada kekurangan yang dirasakan. Kami akan terus berbenah diri dan memberikan yang terbaik bagi pembaca.

Selamat milad ke-4 Kabar Bireuen!

Suryadi, Pemimpin Redaksi Kabar Bireuen