KABAR BIREUEN-Masyarakat Gampong Geudong-Geudong, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, mengadakan acara kenduri makan bersama dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443H/2021 M.

Kegiatan dirangkai dengan dzikir oleh santri Balai Pengajian Nurut Taqwa gampong setempat pimpinan Tgk Rusli Ibrahim SE.

Kemudian, penyerahan santunan serta paket kepada puluhan anak yatim warga setempat dan warga keterbelakangan mental serta kenduri makan bersama.

Pada malam hari dirangkai dengan ceramah agama, menghadirkan Tgk Irwansyah dari Krung Geukuh sebagai penceramah.

Seluruh rangkaian kegiatan ini berlangsung di komplek Masjid Kemukiman Geudong Al-Mujahidin, di gampong setempat, Minggu (21/11/2021).

Disela-sela kegiatan, Keuchik Gampong Geudong-Geudong, Fachrial, mengucap syukur kepada Allah, karena hari ini masyarakat Gampong Geudong-Geudong dapat menggelar acara maulid Nabi Muhammad SAW, meski acara ini sudah menjadi tradisi masyarakat gampong ini.

“Atas nama Pemerintah Gampong, dia mengucapkan terimakasih kepada warga gampong yang telah mengantarkan berbagai masakannya ketempat acara, dengan tujuan untuk dikendurikan (makan bersama).

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada masyarakat gampong, perangkat gampong, unsur kepemudaan, Lembaga Gampong, unsur PKK hampong,  para donatur, dan seluruh unsur elemen masyarakat gampong beserta panitia, yang begitu antusias menyukseskan kegiatan ini.

Alhamdulillah, ungkapnya,meski dimasa pandemi, kenduri Maulid Nabi Muhammad Saw ini berjalan tertib, lancar, dan aman.

“Dengan momen ini, rasa kekompakan dan persatuan masyarakat terus terjalin erat dengan baik, demi gampong yang kita kita cintai ini kita harus bersatu. Tidak ada istilah bercerai-berai atau berkelompok,” harapnya.

Sementara itu Imum Meunasah Gampong setempat, Tgk Hasbi Ahmad, mengharapkan, melalui peringatan Maulid Nabi ini dapat meningkatkan keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya.

Selain itu juga dapat membawa perubahan positif tidak hanya dalam pekerjaan namun di dalam kehidupan sehari hari.

“Sesulit apapun keadaan, shalat lima waktu bagi kaum muslimin jangan tinggalkan, bagaimanapun kondisinya seseorang, kewajiban shalat sangat penting dilakukan,” pesanya.

Sebelumnya ketua panitia pelaksana, Faisal, menjelaskan, selain menyantuni dan menyerahkan paket kepada anak yatim berjumlah 51 orang, juga kita berikan kepada beberapa warga yang mengalami keterbelakangan mental.

Ke 51 anak yatim tersebut berasal dari 3 dusun yang ada di Gampong Geudong Geudong ini. yaitu Dusun Pusu Lawah, Kuta Trieng dan Dusun Geudong Sagoe.

Adapun santunan yang diberikan berupa uang tunai, sementara paket yang diberikan berupa beras, minyak goreng dan nasi kotak, kesemua itu hasil sumbangan secara sukarela dari warga gampong setempat dan para donatur lainnya, yang terkumpul.

“Sekecil apapun santunan yang diberikan diharapkan dapat bermanfaat,” ujar Faisal yang juga sebagai Ketua Pemuda gampong setempat.

Dengan momen peringatan maulid Nabi ini, selaku Ketua Pemuda, Faisal mengajak seluruh pemuda Gampong Geudong Geudong sebagai generasi penurus, untuk tetap terus bersatu.

“Selain itu, menjalin kesatuan dan kebersamaan antar sesama dengan tujuan positif, yaitu membangun gampong yang kita cintai ini,” sebutnya. (Herman Suesilo).