KABAR BIREUEN-Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, kembali mengirim  mahasiswa untuk mengikuti Program Praktek Lapangan Kuliah Kerja Mahasiswa (PPL-KKM)  untuk angkatan ke V, acara penglepasan dilakukan  di ruang seminar Ampon Chik kampus Umuslim, Senin (6/1/2020).

Sebelumnya, Umuslim sukses  mengirimkan empat angkatan mahasiswanya melaksaknakan Program Praktek Lapangan Kuliah Kerja Mahasiswa (PPL-KKM) di Thailand Selatan.

Direktur Kantor Urusan Internasional (KUI) Umuslim Drs.Nurdin Abdurahman,MSi menyebutkan, pengiriman mahasiswa Umuslim untuk PPL-KKM di Thailand, angkatan ini ada sedikit pergeseran dari waktu yang direncanakan dua bulan lalu.

“Hal ini karena  beberapa hal tentang keimigrasian dan jadwal aturan di sekolah lokasi penempatan,” jelas Nurdin Abdurrahman.

Mereka akan melakukan pengabdian di sejumlah pesantren dan sekolah bording school selama 2,5 bulan (75 hari)  di sebuah pulau di Thailand Selatan.

Acara penglepasan dilakukan Wakil Rektor Bidang Akademik Umuslim, Dr.H.Hambali,SE,MPd, pada kesempatan tersebut mengharapkan pada peserta agar dapat memanfaatkan moment ini untuk belajar, menambah wawasan dan memperkenalkan budaya dan umuslim ke tingkat Internasional.

“Di luar tugas di sekolah, peserta agar dapat memanfaatkan waktu berbaur dengan masyarakat untuk memperkenalkan berbagai budaya dan kuliner Indonesia khususnya Aceh kepada masyarakat di Thailand Selatan atau sebaliknya. Mahasiswa juga agar dapat mempelajari secara mendalam budaya dan berbagai hal uyang bermanfaat sekembalinya ke kampung,” harap Hambali.

Sementara itu, Kabag Humas dan Kemahasiswaan Umuslim, Zulkifli,M.Kom  mengatakan, untuk angkatan ini pesertanya 3 orang dan akan  melaksanakan pengabdian di sebuah pulau yaitu Pulau Krabi Thailand.

“Jadi berbeda  dari beberapa angkatan sebelumnya yang ditempatkan di beberapa provinsi di Thailand Selatan, mereka nantinya bergabung dengan mahasiswa lain dari 15 perguruan tinggi seluruh Indonesia,” sebut Zulkifli.

Mereka berangkat Selasa (7/1) melalui Bandara Sultan Iskandar Muda via Kuala lumpur selanjutnya dijemput panitia melalui jalan darat  ke Pattani, nanti baru bawa ke Pulau Krabi.

“Selain itu sekarang juga sedang proses seleksi peserta angkatan VI, mereka akan berangkat sekitar Maret mendatang,” katanya.

Adapun nama peserta yaitu Affifah Maulidia  Prodi Bahasa Inggris , Chairul Mufid  Prodi Bahasa Inggris , Maila Firda Prodi Matematika FKIP.

Acara penglepasan juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dekan, Kepala Prodi, Kepala Bapel KKM, dosen dan orang tua mahasiswa. (Ihkwati)

 

BAGIKAN